Round-Up

Lagi-lagi Tambah Lahan Pemakaman Sebab Corona Masih Tinggi di DKI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 05:31 WIB
Pemprov DKI Jakarta kembali membuka lahan baru pemakaman jenazah COVID-19 seluas 3.000 meter persegi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.
TPU Bambu Apus / Foto: Rengga Sancaya

Lahan yang Disiapkan Pemprov DKI

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menuturkan bahwa pemerintah selalu mengupayakan ketersediaan lahan pemakamanan maupun fasilitas penunjang penanganan COVID-19. Dia mengungkap lokasi baru yang disiapkan.

"Pemprov sudah menambah luasan daripada pemakaman di beberapa tempat seperti Srengseng, Bambu Wulung, Semper, Joglo, dan pemakaman umum lainnya. Di beberapa titik tersebut disiapkan tempat pemakaman untuk COVID termasuk di Rorotan. sekalipun di (TPU) Srengseng sudah penuh, itu sudah disiapkan tempat lain, termasuk di Rorotan," kata Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl. Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (22/1/2021).

"Sekali lagi, warga Jakarta tidak perlu khawatir. memang semuanya ada peningkatan yang luar biasa. Tidak hanya pemakaman, tapi juga okupansi rumah sakit, tempat tidur, juga ruang ICU. Tapi kami terus mengendalikan, mengupayakan berbagai dukungan fasilitas sebaik mungkin, termasuk pemakaman," jelasnya.

Selain itu, Politisi Partai Gerindra ini meyakini permasalahan pengadaan lahan pemakaman pasti juga ditemukan di Ibu Kota negara lain. Sebelum memutuskan lokasi baru, Pemprov DKI telah mempertimbangkan berbagai aspek.

"Nggak ada kendala, masalah makam memang secara umum nggak cuma di Jakarta, di dunia pasti menghadapi masalah tanah. Tanah untuk gedung, jalan, waduk, RTH, taman. Kan itu kompleksitas masalah Ibu Kota di seluruh dunia termasuk tanah untuk pemakaman. Namun demikian, kami sudah mengatur batasannya, wilayahnya, luasnya, yang pada prinsipnya pasti semua akan kita layani dan disiapkan tanahnya," tegasnya.

Halaman

(imk/imk)