TPU Bambu Apus Dibuka 2 Hari, Sudah 30 Jenazah Corona Dimakamkan

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 13:57 WIB
TPU Bambu Apus (Rahmat Fathan/detikcom)
TPU Bambu Apus (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta membuka lahan baru untuk jenazah pasien COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Selama dua hari, sudah ada 30 jenazah Corona yang dimakamkan di sana.

"Kemarin hari Kamis itu sampai total jenazah yang dimakamkan di TPU Bambu Apus itu sembilan jenazah. Untuk hari ini sampai jam 13.20 sudah 21. Jadi total sudah 30 jenazah yang ada di TPU," ujar Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) TPU Bambu Apus Koko saat ditemui detikcom, Jumat (22/1/2021).

Koko menyampaikan jumlah tersebut mungkin masih akan bertambah lagi, sehingga pihaknya melakukan persiapan dengan menyediakan sejumlah makam di TPU yang mampu menampung hingga 800 jenazah pasien Corona tersebut.

"Tingkat kematiannya kan banyak nih, takutnya satu kali datang tuh bisa tiga sampai empat, jadi kita persiapkan lubangnya," ucap dia.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lahan baru untuk jenazah pasien COVID-19 di TPU Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Luasnya 3.000 meter persegi.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 di TPU Pondok Ranggon Muhaemin seperti dilansir Antara, Jumat (22/1/2021).

Muhaemin mengatakan lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur COVID-19 karena lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien COVID-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Simak video 'TPU Khusus Covid di DKI Hampir Penuh, Riza Patria: Jangan Khawatir!':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)