detikcom Do Your Magic

Kerahkan Truk, Pemkot Depok Mulai Angkut Sampah dari Kali Baru Cijantung

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 17:23 WIB
Jakarta -

Pemerintah Kota Depok datang membersihkan Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kampung Palsigunung. Tiga truk jungkit (dump truck) pengangkut sampah dikerahkan.

Pembersihan sampah ini dilakukan oleh satuan tugas (satgas) gabungan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Depok. Personel mereka ada di lokasi 'kali sampah' itu, yakni di Kampung Palsigunung, Cimanggis, Kota Depok, Jumat (22/1/2021).

Ada tiga dump truck yang digunakan Pemkot Depok untuk mengangkut sampah, terdiri dari dua dump truck untuk mengangkut sampah dan satu dump truck untuk membuang sampah ke lokasi lain.

"Dinas PUPR dan Dinas LH, tergabung sebanyak 25 dari PUPR dan sebagian dari DLHK. Pakai 2 dump truck, yang satu lagi buang jadi 3 dump truck," kata Kordinator Lapangan Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok Muhammad Eko Nadirsyah, di bantaran Kali Baru.

Penyebab terjadinya penumpukan sampah di aliran Kali Baru adalah banyak kayu yang menyangkut di kali. Tidak hanya itu, menyempitnya gorong-gorong jembatan karena sedimentasi (pendangkalan sungai) juga menjadi faktor penting sampah menjadi menumpuk.

Satgas gabungan DPUPR dan DLH dari Pemkot Depok bersihkan sampah di Kali Besar Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Satgas gabungan DPUPR dan DLH dari Pemkot Depok membersihkan sampah di Kali Besar Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

"Jadi gorong-gorongnya ini makin lama menyempit, yang pertama yang nyangkut itu kayu, ini kan kita lihat banyak kayu, ini di bawah (dasar sungai) masih banyak kayu. Jadi kendalanya ini, jembatan yang menyempit karena tingginya sedimen (pendangkalan)," ujar Eko.

Selanjutnya, panjang tumpukan sampah sampai 200 meter:

Selanjutnya
Halaman
1 2