detikcom Do Your Magic

Cerita soal 'Kali Sampah' di Kota Depok: Orang Buang Kasur hingga Peti

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 14:21 WIB
Ada kasur di sampah di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung), di Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Kota Depok. (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)
Ada kasur di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung), di Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Kota Depok. (Taufieq Renaldi Arfiansya/detikcom)
Depok -

Sampah menumpuk di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung), Kota Depok. Tumpukan sampah ini disebabkan oleh akumulasi sampah sepanjang aliran sungai. Perilaku membuang sampah sembarangan menjadi biang kerok.

"Dari atas-atas ya sudah, karena itu juga ada kayu, ada bambu, bahkan ada peti, ada bangku, kasur gitu. Akhirnya mampet di situ, semua ngumpul di situ," kata Ketua RT 002 RW 004 Suwarno saat ditemui di rumahnya, Jumat (22/1/2021).

Perilaku buang sampah sembarangan di sungai juga menjadi salah satu faktornya. Banyak orang bukan warga sekitar membuang sampah di Kali Baru sehingga membuat penumpukan. Jadilah Kali Baru Cijantung ini seperti 'kali sampah'.

"Terus bahkan kalau pagi orang yang naik motor banyak, naik motor (lewat) jembatan, lempar sampah. Bukan warga sini, mereka bawa motor," ujar Suwarno.

Ketua RT 002 RW 004 Kampung Palsigunung, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Suwarno. (Taufieq RA/detikcom)Ketua RT 002 RW 004 Kampung Palsigunung, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Suwarno. (Taufieq RA/detikcom)

Sependapat dengan Ketua RT 002, Haji Ngatijo menyoroti orang yang malas membuang sampahnya di penampungan sampah di Pasar Pal Kota Depok. Warga sekitar pun juga ada beberapa yang membuang sampahnya di kali.

"Ini pada buang yang malas buang di pasar, buangnya di sini (Kali Baru)," kata Haji Ngatijo.

Warga mengaku sering juga buang sampah di kali:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sampah Penuhi Kali Baru Timur Depok Sampai Airnya Tak Terlihat"
[Gambas:Video 20detik]