Round-Up

Yang Baru saat PPKM Sebagian Jawa-Bali Diperpanjang hingga Februari

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 06:40 WIB
Bentuk aspirasi lawan Corona terus terbentuk di masa pandemi. Salah satunya lewat mural yang menghiasi Jalan Raya Cakung Cilincing, Jakarta Timur.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah memutuskan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021. Ada yang baru dari perpanjangan PPKM ini.

Perpanjangan PPKM ini secara resmi diumumkan oleh Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto dalam jumpa pers, Kamis (21/1/2021). PPKM akan diperpanjang dari 26 Januari hingga 2 minggu ke depan.

"Bapak Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 sampai tanggal 8 Agustus (Februari, red) dan nanti pak Mendagri akan mengeluarkan instruksi Mendagri dan diharapkan masing-masing gubernur bisa mengevaluasi berdasarkan parameter tingkat kesembuhan di bawah nasional, kematian di atas nasional, dan positivity rate di atas nasional, dan BOR di atas nasional," kata Airlangga.

Dari data yang disampaikan ini, terjadi koreksi data yang disampaikan, yakni dari 73 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM, 29 kabupaten/kota masih berisiko tinggi, 41 kabupaten/kota risiko sedang dan 3 kabupaten/kota risiko rendah.

Seperti diketahui, PPKM ini awalnya diberlakukan mulai 11-25 Januari 2021. Tetapi, masih ada wilayah yang berisiko tinggi COVID-19.

Sebelumnya, PPKM ini diberlakukan di 7 provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, Yogya, Jatim, dan Bali. Namun selang 2 pekan, hanya ada 2 provinsi yang mengalami penurunan kasus Corona.

"Dari 7 provinsi, terlihat masih ada peningkatan di lima provinsi dan yang mengalami penurunan di Banten dan Yogyakarta. Berdasarkan parameter tersebut, yaitu kasus mingguan ada 52 kabupaten/kota masih kenaikan dan 21 menurun, kasus aktif 46 kabupaten/kota masih ada peningkatan dan 24 menurun, dan 3 tetap," kata Airlangga.

Simak video 'Ingin Bebas dari PPKM? Penuhi Syarat-syarat Berikut Ini!':

[Gambas:Video 20detik]



Lalu, apa saja yang baru dari perpanjangan PPKM ini? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4