Ustaz Das'ad Latief: Muliakan Kedua Orangtua, Pintu Surga Terbuka Lebar

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 19:31 WIB
muslim mother help her young daughter to put the scarf on before pray
Foto: iStock
Jakarta -

Memuliakan kedua orang tua dan berbakti kepada orang tua memang sudah seharusnya dilakukan seorang anak.

Berbakti kepada kedua orang tua sudah semestinya dilakukan seorang anak. Keutamaan berbakti kepada kedua orang tua dijelaskan dalam Tafsir Ibnu Katsir yang di dalamnya disebutkan bahwa menghormati orang tua merupakan hal yang penting dilakukan. Karena, anak bisa lahir ke dunia karena kedua orang tua.

Allah SWT juga menempatkan kalimat kedua orang tua setelah kata perintah keesaan kepada Allah, seperti Quran surat Luqman ayat 14

Arab: وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Latin: wa waṣṣainal-insāna biwālidaīh, ḥamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fiṣāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-maṣīr

Artinya: Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.

Menurut Ustaz Das'ad Latief memuliakan orang tua adalah cara tergampang kita dapat memasuki pintu surga.

"Kadang kala orang tua lagi makan selalu mendahulukan anak-anaknya. Padahal dirinya sendiri lapar. Kalian yang masih memiliki orang tua wajib memuliakan keduanya," tutur Ustaz Das'ad Latief dalam video yang dikirimkan ke Tim Hikmah detikcom.

"Ladang surga itu adalah orang tua, apalagi kalian yang sakit ibu bapaknya, itu Allah sayang kalian. Dia sayang Anda dan Allah kasih kau pintu surga jika benar-benar merawat kedua orang tua dengan baik dan tidak banyak mengeluh. Karena tidak semua anak dikasih cobaan merawat orang tua," tambah Ustad Das'ad.

Lalu bagaimana cara memuliakan kedua orang tua jika sudah meninggal?

Dikutip dalam buku "Rahasia Pintu-pintu Keberkahan dan Rezeki" oleh Syekh Ali Jaber, ada dua amalan untuk kita berbakti kepada kedua orang tua. Amalan yang pertama adalah bersedekah. Bersedekah atas nama orang tua kita di mana saja kita berada.

Sedekah adalah amalan yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana ada seseorang yang datang kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia, apakah boleh aku bersedekah atas nama ibuku telah meninggal dunia, apakah boleh aku bersedekah atas nama ibuku?"

Beliau menjawab, "Na'am", silahkan bersedekah atas nama ibumu. (HR. an-Nasa'i).

Dan amalan yang kedua adalah doa. Doa untuk kedua orang tua juga termasuk amalan yang sudah dijelaskan oleh Rasulullah SAW yaitu seorang anak yang sholeh yang mendoakan orang tuanya.

Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

"Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang terus diambil manfaatnya (diamalkan sepeninggalannya) dan anak shalih yang mendoakannya."

Itulah cara dan keutamaan memuliakan kedua orang tua dalam Islam.

(lus/erd)