Doa Kedua Orangtua Lengkap Beserta Artinya, Bisa Dibaca Setiap Hari

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 21:43 WIB
Wanita hijab berdoa
Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Doa kedua orangtua perlu diketahui lengkap dengan artinya. Setiap anak dibesarkan hingga dewasa oleh orangtua, tentu kita tidak bisa membalas jasa-jasa orangtua yang sudah diberikan.

Untuk itu kita diwajibkan untuk memberikan kasih sayang, rasa hormat dan juga doa yang selalu dipanjatkan setelah sholat.

Dikutip dari Kitab Shahih Adabul Mufrad, Imam Bukhari diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

لَا يَجْزِي وَلَدٌ وَالِدًا، إِلَّا أَنْ يَجِدَهُ مَمْلُوكًا فَيَشْتَرِيَهُ فَيُعْتِقَهُ

Artinya: "Seorang anak tidak akan mampu membalas orang tua kecuali ia menemukan orang tuanya jadi budak lalu ia membelinya kemudian memerdekakan."

Derajat hadits ini shahih seperti juga tercantum dalam Kitab Al Irwa dan Kitabul Itqi.

Namun di zaman sekarang sudah tidak ada orangtua yang menjadi budak. Sehingga cara seorang anak membalas budi ke orangtua bisa dengan menafkahi mereka saat masih hidup dan juga memberikan perhatian yang cukup untuk kedua orangtua.

Berbakti kepada orang tua adalah perintah agama setelah berbakti kepada Allah SWT. Begitu tinggi kedudukannya orang tua dalam ajaran Islam. Sering terjadi, anak yang durhaka kepada orang tua mendapatkan malapetaka sebagai balasannya.

Abdullah ibn Mas'ud r.a. berkata, "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, amal apakah yang paling dicintai oleh Allah? Beliau menjawab, 'Salat pada awal waktu.' Kemudian apa lagi? Beliau menjawab, 'Berbakti kepada orang tua."

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 23-24 yang berbunyi:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, janganlah sekali-sekali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka serta ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah. "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS Al-Isra [17]: 23-24)

Berikut ini doa untuk orang tua dan artinya yang bisa kita amalkan setiap hari:


اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا


Latin: ALLOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WAR HAMHUMAA KAMA RABBAYAANII SHAGIIRAA


Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil".

Yuk, kita panjatkan doa kedua orangtua setiap hari.



(lus/erd)