1/4 Pasien di RS DKI dari Bodetabek, Pemkab Bekasi: Tak Ada Batas Wilayah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 16:52 WIB
Tower 8 dan 9 Wisma Atlet Pademangan dialihfungsi jadi tempat isolasi pasien COVID-19. Area itu diperuntukan untuk pasien COVID-19 tanpa gejala-bergejala ringan
Ilustrasi tempat isolasi (Pradita Utama/detikcom)
Bekasi -

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah angkat bicara mengenai keterisian bed rumah sakit (RS) DKI Jakarta yang sudah 87 persen. Seperempatnya diisi oleh pasien dari Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek). Alamsyah menyebut tidak ada batas wilayah di Jabodetabek dalam melayani pasien.

"Jabodetabek melayani warga tidak ada batas wilayah. Merujuk dan menerima (pasien) nggak apa-apa," kata Alamsyah saat dihubungi, Rabu (20/1/2021).

Alamsyah menjelaskan rumah-rumah sakit di Jabodetabek bisa menerima dan merujuk pasien sepanjang ada ruangan yang kosong. Dia pun mengatakan rumah-rumah sakit di Kabupaten Bekasi juga menerima pasien dari luar Bekasi.

"Iya, kami (juga) banyak menerima pasien dari Kota Bekasi. Beberapa (pasien lainnya) dari Karawang dan Kabupaten Bogor," lanjutnya.

Seperti DKI Jakarta, Alamsyah mengatakan tingkat keterisian RS di Kabupaten Bekasi sekitar 90 persen. "Okupansi kami sekitar 90 persen. Beberapa RS juga sementara proses menambah ruang isolasi," tandas dia.

Sebelumnya, kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta sudah hampir penuh. Saat ini rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI kapasitasnya tinggal 13 persen.

Hal itu disampaikan Pemprov DKI melalui akun Instagramnya @dkijakarta. Data tersebut diunggah pada Selasa (19/1) kemarin.

"Berikut gambaran terkini kondisi rumah sakit di Jakarta. Kapasitas tersisa 13% lagi untuk menampung pasien COVID-19, baik yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta," tulis @dkijakarta seperti dilihat detikcom, Rabu (20/1/2021).

Dalam unggahan tersebut, Pemprov DKI Jakarta menyebut jumlah pasien tersebut tidak semua warga Jakarta. Melainkan ada juga warga Bodetabek yang juga dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI.

"RS di Jakarta hampir penuh, 1/4 pasien asal Bodetabek per tanggal 17 Januari 2021," katanya.

Simak video 'Zona Merah Corona RI Meroket, Jateng Paling Banyak':

[Gambas:Video 20detik]



(sab/isa)