Sempat Bikin Listrik di Aceh Padam, Pasokan Gas ke PLTG Kembali Normal

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:16 WIB
ILustrasi Listrik
Ilustrasi kelistrikan (Photo by Sebastian Pociecha on Unsplash)
Banda Aceh -

Listrik di sebagian Aceh sempat mengalami pemadaman akibat terganggunya pasokan gas ke dua pembangkit listrik tenaga gas (PLTG). PT Perta Arun Gas (PAG) menyebut pasokan gas ke pembangkit listrik kembali normal.

"Pasokan gas kembali normal setelah tuntasnya perbaikan di Plant Site PT Perta Arun Gas (PAG) di Lhokseumawe. Suplai gas ke PLN Belawan dan PLN PLTMG Arun kini sudah seperti semula," kata Manager Corporate Communication & CSR PAG, Iskandarsyah, dalam keterangannya, Rabu (20/1/2021).

Iskandar menyebutkan, perbaikan selesai dilakukan dini hari tadi. Setelah sistem beroperasi secara normal, penyaluran gas kemudian dilakukan bertahap.

"Saat ini plant PAG telah kembali mengalirkan gas ke ruas pipa gas Arun-Belawan," jelas Iskandar.

"PAG selalu berkomitmen untuk memastikan kelancaran suplai gas ke PLN. Dengan demikian pasokan listrik kepada masyarakat di wilayah Aceh dan Sumut tetap berjalan dengan normal," sambungnya.

Sebelumnya, listrik di sebagian wilayah Aceh mengalami pemadaman akibat terganggunya pasokan gas ke dua PLTG. Pemadaman di wilayah tersebut terjadi sekitar pukul 14.56 WIB.

"Pemadaman listrik di sebagian wilayah Langsa, Lhokseumawe dan Meulaboh akibat terganggunya suplai gas dari Pertagas ke sistem pembangkit kami di Arun Lhokseumawe dan Belawan Medan," kata Manajer Komunikasi PLN UIW Aceh T. Bahrul Halid, Selasa (19/1).

(agse/jbr)