PAG Perbaiki Pasokan Gas ke PLTG yang Buat Listrik di Aceh Padam

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 00:28 WIB
power failure Concept
Foto: iStock
Banda Aceh -

Listrik di sebagian wilayah Aceh sempat mengalami pemadaman akibat terganggunya pasokan gas ke dua PLTG. PT Perta Arun Gas (PAG) mengaku sedang memperbaiki sehingga distribusi gas kembali lancar.

"Gangguan terjadi pada sistem di plant site PAG yang berada di Lhokseumawe," kata Manager Corporate Communication & CSR PAG, Iskandarsyah dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

"Gangguan ini menyebabkan suplai gas melalui pipa baik ke PLN Belawan maupun ke PLN PLTMG Arun tidak berjalan sebagaimana mestinya," sambung Iskandarsyah.

Iskandar menyebut, upaya pemulihan dan perbaikan sedang dilakukan tim operasional lapangan PAG. Dia berharap gangguan dapat segera teratasi dan distribusi gas kembali lancar.

"Langkah-langkah penting sedang diambil. Sesegera mungkin kita upayakan agar pasokan gas normal kembali," ujar Iskandar.

Sebelumnya, Listrik di sebagian wilayah Aceh mengalami pemadaman akibat terganggunya pasokan gas ke dua PLTG. Pemadaman di wilayah tersebut terjadi sekitar pukul 14.56 WIB.

"Pemadaman listrik di sebagian wilayah Langsa, Lhokseumawe dan Meulaboh akibat terganggunya supply gas dari Pertagas ke sistem pembangkit kami di Arun Lhokseumawe dan Belawan Medan," kata Manajer Komunikasi PLN UIW Aceh T. Bahrul Halid, Selasa (19/1).

Bahrul mengatakan, bakal terjadi pengurangan beban sekitar 90 MW pada malam hari bila kondisi suplai gas dari Arun masih belum normal. PLN melakukan pemadaman secara bergilir di sejumlah lokasi sejak sore.

PLN Banda Aceh merilis daerah yang mengalami pemadaman bergilir hingga tengah malam. Pemadaman dilakukan mulai 16.00 WIB hingga 21.00 WIB dan periode 21.00 WIB hingga 00.00 WIB.

(agse/aik)