Pasokan Gas ke PLTG Terganggu, Listrik di Sebagian Aceh Padam

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 19:28 WIB
power failure Concept
Ilustrasi listrik padam (iStock)
Banda Aceh - Listrik di sebagian wilayah Aceh mengalami pemadaman akibat terganggunya pasokan gas ke dua PLTG. PLN menyebut bila kondisi belum normal pemadaman bakal dilakukan hingga tengah malam.

"Pemadaman listrik di sebagian wilayah Langsa, Lhokseumawe, dan Meulaboh akibat terganggunya suplai gas dari Pertagas ke sistem pembangkit kami di Arun Lhokseumawe dan Belawan Medan," kata Manajer Komunikasi PLN UIW Aceh T. Bahrul Halid, Selasa (19/1/2021).

Pemadaman di wilayah tersebut terjadi sekitar pukul 14.56 WIB. Bahrul mengatakan bakal terjadi pengurangan beban sekitar 90 MW pada malam hari bila kondisi suplai gas dari Arun masih belum normal.

"Dengan sangat terpaksa kami akan melakukan pemadaman di beberapa daerah di Aceh, pada malam hari ini sekitar 90 MW pada saat beban puncak (WBP) mulai jam 18.00 sampai 23.00 WIB secara bergilir untuk antisipasi terjadinya blackout system (padam total)," ujarnya.

PLN Banda Aceh sudah merilis daerah yang mengalami pemadaman bergilir hingga tengah malam. Pemadaman dilakukan mulai 16.00 WIB hingga 21.00 WIB dan periode 21.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Menurutnya, PLTU Nagan Raya hingga kini masih beroperasi secara normal. PLN meminta maaf terkait pemadaman di beberapa wilayah tersebut.

"Alhamdulillah untuk pembangkit Nagan Raya tidak terkena dampak sehingga pemadaman bisa kami minimalisir. Segala upaya akan terus kita lakukan, dan berharap agar suplai gas dari Pertagas bisa segera normal sehingga gangguan pasokan listrik ke konsumen bisa teratasi segera," ujar Bahrul. (agse/knv)