Pangdam Jaya Cek Proses Tes Swab Pasukan TNI yang Baru Tiba dari Lebanon

Rahmat Fathan - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 14:16 WIB
Mayjen Dudung Abdurachman (Fathan/detikcom)
Mayjen Dudung Abdurachman (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Pangdam Jaya Dudung Mayjen Dudung Abdurachman mengecek swab test atau tes usap metode polymerase chain reaction (PCR) ratusan personel pasukan TNI yang baru tiba dari Lebanon. Pasukan tersebut tiba di Indonesia setelah menjadi pasukan perdamaian PBB.

"Saya datang ke Hotel Mercure untuk mengecek proses swab PCR kedatangan kontingen Garuda dari Lebanon sejumlah 186 orang," ujar Dudung di Grand Mercure Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021).

Dudung menjelaskan 186 prajurit itu merupakan gelombang ketiga dari kontingen Garuda. Nantinya masih akan ada kedatangan beberapa kontingen lainnya.

"Nanti akan datang sampai gelombang keenam," ucapnya.

Selanjutnya Dadang mengatakan proses tes swab terhadap prajurit TNI itu telah diterapkan sesuai prosedur protokol kesehatan yang ada.

"Pulang dari luar negeri masuk ke sini, ke hotel-hotel yang sudah kita siapkan, kemudian tes PCR. Kalau misalnya positif, kita bawa ke Wisma Atlet," kata Dudung.

Nantinya para prajurit tersebut akan menjalani isolasi mandiri. "Selama lima hari mereka akan berada di sini (Grand Mercure Jakarta, Kemayoran) untuk isolasi mandiri," pungkasnya.

(isa/isa)