Round-Up

Kisi-kisi Pertanyaan 9 Fraksi untuk Ujian Calon Kapolri

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 22:05 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Foto: Citra Nur Hasanah/20detik
Jakarta -

Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test besok. Beragam isu bakal ditanyakan oleh sejumlah fraksi di DPR.

Nama Komjen Listyo diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Kapolri. Uji kelayakan akan digelar pada Rabu (20/1) di Gedung DPR RI.

Komjen Sigit telah menyerahkan makalah ke Komisi III DPR RI untuk fit and proper test. Makalah itu berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan'.

Makalah Komjen Sigit ini diserahkan oleh Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widodo, Kapolda Jarim Nico Afinta, dan Kadiv Propram Polri Irjen Ferdi Sambo, di ruang Rapat Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/1/2021).

"Beliau-beliau (Irjen Wahyu dkk) itu hanya menyerahkan bahan untuk fit and proper test besok pagi saja, sehingga sore dan malam ini kami bisa mendalami, masing-masing fraksi," kata anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani.

Berikut ini kisi-kisi uji kelayakan Kapolri besok:

PKB Akan Tanya Pelibatan Ponpes Jaga Keamanan

PKB akan mengajukan pendalaman seputar pondok pesantren (ponpes) kepada Listyo Sigit. PKB ingin mengetahui konsep pelibatan Ponpes untuk menjaga keamanan.

"F-PKB salah satunya akan mengajukan pendalaman terkait prosedur keamanan dalam penegakan prokes pada lembaga pendidikan, utamanya di pondok pesantren. Sekaligus pelibatan pesantren dalam menjaga ketertiban dan keamanan," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan pihaknya juga akan mendalami reformasi internal Polri kepada Komjen Listyo. Ia akan memastikan proses reformasi internal Polri dapat terus berjalan secara profesional dan adil.

"Termasuk juga akan mendukung reformasi internal Polri agar profesional, bijaksana, dan adil dalam memberikan pelayanan, pengayoman, dan melindungi masyarakat dari berbagai kejahatan dan kriminalitas," ucapnya.

PD Akan Ajukan 7 Pertanyaan

Partai Demokrat (PD) mengatakan telah menyiapkan 7 pertanyaan kepada Komjen Listyo Sigit. Khususnya soal penegakan hukum dan netralitas Polri.

"Tunggu saja besok pada saatnya, ada 7 pertanyaan yang akan kami sampaikan," kata Waketum PD Benny K Harman kepada wartawan, Selasa (19/1).

Anggota Komisi III DPR RI itu memberikan garis besar yang akan ditanyakan kepada Komjen Listyo Sigit. Menurutnya, Fraksi PD DPR RI akan menyoal isu terkait penegakan hukum, netralitas Polri dalam pemilu, hingga penyelesaian kasus yang mangkrak di Polri.

"Penegakan hukum nondiskriminatif. Netralitas Polri dalam Pemilu dan Pilkada. Pemberantasan kejahatan kemanusiaan seperti korupsi. terorisme, dan narkoba. Kelanjutan reformasi internal kepolisian," kata Benny.

"Keterlibatan anggota dalam sengketa lahan warga. Dan penyelesaian kasus-kasus yang mangkrak di Mabes Polri," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4