Dipindah ke Komisi III Jelang Uji Calon Kapolri, Ini Kata Johan Budi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 11:52 WIB
Jakarta -

Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) memindahkan anggota Komisi II DPR RI Johan Budi menjadi anggota Komisi III DPR RI. Johan Budi dipindahkan sejak kemarin.

"Benar. Saya dipindah penugasan ke Komisi III sejak 18 Januari 2021," kata Johan Budi saat dimintai konfirmasi, Selasa (19/1/2021).

Johan Budi meminta semua pihak tidak berandai-andai terkait alasan pemindahannya ke Komisi III DPR. Menurutnya, terkait alasan rotasi sebaiknya ditanyakan ke pimpinan Fraksi PDIP DPR.

"Jangan berandai-andai. Lebih baik tanya ke Ketua atau Sekretaris Fraksi," ucap Johan Budi menjawab pertanyaan apakah pemindahannya terkait uji kelayakan calon Kapolri.

Menurut Johan Budi, semua komisi di DPR RI sama pentingnya. Ia pun berharap dapat menjalankan amanah dan bermanfaat bagi rakyat.

"Bagi saya, semua komisi yang ada di DPR sama saja pentingnya. Yang penting adalah saya bisa amanah dalam menjalankan tugas dan bisa bermanfaat bagi rakyat," ucapnya.

Komisi III DPR segera menggelar uji kelayakan calon Kapolri atas nama Komjen Listyo Sigit Prabowo. Komjen Listyo Sigit adalah calon Kapolri tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi ke DPR.

Untuk diketahui, rotasi Fraksi PDIP DPR itu tertuang dalam surat Fraksi PDIP DPR RI Nomor 04/F-PDIP/DPR-RI/I/2021. Surat ini dibenarkan oleh Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto.

Bersama Johan Budi, turut dirotasi sejumlah anggota Fraksi PDIP DPR RI. Mereka yang dirotasi adalah Ribka Tjiptaning dari Komisi IX ke Komisi VII, Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II, Gilang Dhielfararez dari Komisi VI ke Komisi III, dan Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI.

(hel/gbr)