Kristen Gray Ajak WNA ke Bali-Ngaku Bisa Urus Visa, Ini Sikap Imigrasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 13:19 WIB
Humas Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM Arvin Gumilang
Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arvin Gumilang (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Warga negara (WN) Amerika Serikat (AS), Kristen Gray, mengajak warga negara asing (WNA) datang ke Bali di tengah pandemi COVID-19. Ditjen Imigrasi menyatakan hal tersebut tidak dapat dilakukan karena pemerintah membatasi warga negara asing (WNA) masuk Indonesia.

"Saat ini di Indonesia masih berlaku aturan pelarangan WNA untuk memasuki Wilayah Indonesia," kata Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arvin Gumilang, dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Saat ini Kristen Gray sudah memenuhi panggilan ke Kantor Imigrasi Denpasar. Dia dimintai keterangan terkait cuitannya di medsos yang bikin heboh.

Dalam cuitannya, Kristen Gray juga sempat mengaku bisa menghubungkan WNA masuk ke Indonesia melalui agen visa yang dikenalnya. Ditjen Imigrasi mengatakan pengurusan visa bisa dilakukan secara daring (online).

"Aturan normatif tentang izin tinggal di masa pandemi COVID-19, yaitu awalnya berupa izin tinggal keadaan terpaksa dan saat ini berlaku visa onshore secara online tanpa WNA harus keluar wilayah Indonesia," kata Arvin.

"Terkait dengan agen visa, Ditjen Imigrasi berkomitmen untuk memberikan pelayanan keimigrasian berupa penerbitan visa secara online yang bisa diurus langsung oleh orang asing melalui penjaminnya, sehingga tidak ada lagi kontak antara petugas dengan pemohon secara langsung," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Kristen Gray telah memenuhi panggilan dari pihak Imigrasi untuk agenda pemeriksaan awal. Kristen Gray diperiksa terkait cuitan mengajak WNA lain ke Bali di medsos yang bikin heboh.

Pantauan detikcom, Selasa (19/1), Kristen Gray didampingi kuasa hukum, Erwin Siregar, mendatangi Kantor Imigrasi Denpasar sekitar pukul 09.00 Wita. Erwin mengatakan Kristen Gray dimintai konfirmasi soal cuitan di Twitter yang mengajak WNA datang ke Bali saat pandemi.

"Seputar yang di tweet-nya. Dan itu juga belum kita jawab semua tuntas. Saya masih menunggu selesai pemeriksaan aja ya. Nanti biar tidak tumpang-tindih," kata Erwin Siregar kepada wartawan di lokasi.

(jbr/idh)