Begini Imigrasi Telusuri Kristen Gray yang Ajak WNA ke Bali Saat Pandemi

Dhani Irawan - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 12:06 WIB
Kabag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham, Arvin Gumilang
Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Ditjen Imigrasi menelusuri warga negara (WN) asal Amerika Serikat, Kristen Gray, yang mengajak WNA lain masuk Bali di tengah pandemi COVID-19. Penelusuran keberadaan Kristen Gray dilakukan Kanim Ngurah Rai dan Kanim Denpasar.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang menjelaskan, pada Senin (18/1), tim Inteldakim Kanim Denpasar mendapatkan data orang asing atas nama Kristen Antoinette Gray, seorang perempuan WN AS dengan paspor 527058184.

"Petugas lalu mendatangi Desa Banjar Panestanan, Ubud, Gianyar, sesuai alamat yang ada di pengajuan izin tinggal. Namun warga setempat tidak ada yang mengenal WNA tersebut," kata Arvin dalam keterangannya, Selasa (19/1/2021).

Setelah itu, petugas Imigrasi mendatangi alamat sponsor Kristen, yakni seseorang bernama I GST NGR Widyantara. Tim Imigrasi bertemu istri sponsor dan mengatakan Widyantara dalam kondisi sakit.

"Dari keterangan istrinya memang benar bahwa I GST NGR Widyantara mensponsori WNA atas nama Kristen Antoinetie Gray, yang saat ini WNA tersebut tinggal di Palm Terace Banjar Abang Kelod, Abang Karangasem," kata dia.

Tim Imigrasi lalu menghubungi Widyantara dan dari keterangannya sudah menghubungi Kristen Gray untuk datang ke kantor Imigrasi Kelas I Denpasar pada Selasa (19/1) pagi ini. Pihak Kristen Gray menyanggupi datang ke kantor Imigrasi bersama sponsornya.

Diketahui, izin tinggal Kristen Gray akan habis dalam kurun waktu kurang dari sepekan.

"Dari data Sistem Izin Tinggal Keimigrasian, diketahui bahwa WNA tersebut memiliki izin tinggal kunjungan (ITK) keluarga/sosial dengan status perpanjangan ITK ke-4, yang berlaku sampai 24 Januari 2021," ujar Arvin.

Simak bagaimana keberadaan Kristen Gray menjadi sorotan di medsos pada halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2