Tito: Komjen Sigit Punya Pengalaman Matang, Mampu Rangkul Senior-Junior

Tiffany Theresia - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 14:19 WIB
Mendagri Tito Karnavian angkat bicara soal lockdown yang akhir-akhir ramai dibicarakan. Apalagi setelah beberapa daerah menerapkan local lockdown. Menurut Tito, bagaimana seharusnya kepala daerah bersikap dan mengambil kebijakan?
Tito Karnavian (Foto: 20detik)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berbicara tentang pengalaman calon Kapolri tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo. Menurut Tito, Komjen Sigit adalah pribadi yang matang dan tegas.

"Pertama, saya ucapkan selamat pada Pak Sigit yang dipilih menjadi calon tunggal Kapolri. Beliau selama saya menjadi Kapolri, ada dua jabatan strategis yang dilaksanakan, yang pertama adalah Kapolda Banten dan kedua adalah Kadiv Propam," kata Tito di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021).

"Pada saat Kapolda Banten cukup lama ya 2 tahun. Situasi Banten, saya lihat tenang, cool, dan kinerja yang sangat baik selama di Polda Banten. Saya kira semua bisa menyaksikan, di media juga kan banyak," imbuhnya.

Komjen Sigit sempat menjabat Kadiv Propam Polri sebelum mengemban jabatan Kabareskrim. Menurut Tito, track record Komjen Sigit di Korps Bhayangkara cukup baik.

"Kemudian yang kedua saat Kadiv Propam juga, beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung, terutama dalam rangka untuk mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik. Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang satu tahun lebih, yang semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau," ujar purnawirawan bintang empat ini.

Meski terbilang muda, Komjen Sigit disebut Tito memiliki pengalaman yang matang. Komjen Sigit memiliki pengalaman kewilayahan hingga reserse.

"Sehingga saya merasa bahwa Pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, di teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama, dan juga pengalaman di bidang serse, Kabareskrim. Jabatan yang sangat strategis di Polri," ucapnya.

Selain itu, Komjen Sigit di mata Tito merupakan pribadi yang santun dan merangkul. Namun, Komjen Sigit, kata Tito, juga pribadi yang tegas dan siap menjadi Kapolri.

"Saya kira dengan segala pengalaman itu, ditambah dengan pribadi beliau yang saya sangat paham. Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul. Termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik," sebut Tito.

"Tetapi juga saya sangat paham Pak Sigit sangat tegas, beliau sangat tegas. Sehingga sekali lagi, saya berpandangan Pak Sigit sudah sangat siap jadi Kapolri. dan saya doakan semoga prosesnya lancar, dan saya doakan bisa mengemban amanah ini dengan baik," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2