Komisi III-Mahfud Md Rapat Tertutup Bahas Calon Kapolri Komjen Sigit

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 10:51 WIB
Komisi III-Mahfud Md Rapat Tertutup Bahas Calon Kapolri Komjen Sigit
Komisi III-Mahfud Md Rapat Tertutup Bahas Calon Kapolri Komjen Sigit (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar pendapat umum dengan Kompolnas terkait meminta masukan untuk fit and proper test atau uji kepatutan calon Kapolri tunggal Komjen Listyo Sigit Prabowo. Rapat dilaksanakan secara tertutup untuk umum.

Rapat digelar di Ruang Rapat Komisi III, kompleks gedung MPR/DRP, Senayan, Jakarta, Senin (18/1/2021). Rapat dipimpin Addies Kadir dan dihadiri Ketua Kompolnas sekaligus Menko Polhukam, Mahfud Md, yang hadir secara virtual.

"Selamat pagi, bisa dimulai, Pak," kata Mahfud menjawab Addies.

"Terima kasih, Pak Menko," timpal Addies.

Rapat dengar pendapat umum ini membahas masukan Kompolnas untuk Komisi III terkait uji kepatutan Komjen Sigit sebagai calon Kapolri. Rapat juga diikuti oleh Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, yang hadir secara fisik.

"RDPU hari ini berdasarkan daftar hadir secara fisik dan virtual, telah hadir sebanyak 6 fraksi dan 6 dari 9 fraksi, 25 dari 53, karena itu kuorum telah terpenuhi," ujar Addies.

Addies menawari peserta agar rapat digelar secara tertutup. Diputuskan, rapat masukan Kompolnas untuk fit and proper test Komjen Sigit dilakukan secara tertutup.

"Maka perkenankanlah kami membuka rapat ini dengan mohon persetujuan rapat kita buat tertutup untuk umum. Setuju?" ucap Addies.

"Setuju," jawab peserta rapat.

Seperti diketahui, Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri. Komjen Sigit akan menjalani fit and proper test di Komisi III pekan ini.

Presiden Jokowi sudah memutuskan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

(rfs/knv)