Viral Bule Ajak WNA Pindah ke Bali di Masa Pandemi, Imigrasi: Saat Ini Tak Bisa

Angga Riza - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 14:08 WIB
Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto (Foto: Angga Riza/detikcom)
Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkum HAM Bali Eko Budianto. (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Viral warga negara asing (WNA) bernama Kristen Gray mengajak WNA lain tinggal di Bali. Kadiv Imigrasi Kantor Wilayah Kemenkum HAM Bali Eko Budianto menegaskan Indonesia saat ini masih menutup pintu untuk WNA.

"Bisa bohong atau bisa nanti maunya dia setelah dibuka terus diproses gitu. Tapi untuk saat ini nggak bisa untuk saat ini saya bisa sampaikan itu nggak bisa, saya pastikan itu nggak bisa," kata Eko kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Eko mengatakan, hingga saat ini, WNA masih dilarang memasuki wilayah Indonesia. Kecuali, WNA yang memiliki kepentingan dalam urusan diplomatik.

"Untuk saat ini sesuai dengan surat edaran Satgas COVID-19 nggak ada. Kecuali konsulat diplomatik sama dinas," tambahnya.

Sebelumnya, viral WNA bernama Kristen Gray mengajak WNA tinggal di Bali. Dalam cuitannya di akun Twitter @kristentootie atau Kristen.Gray, dia mengajak orang asing pindah ke Bali saat pandemi virus Corona.

Tagar #Bali pun menjadi trending pada Minggu (17/1/2021) petang. Itu setelah akun Twitter Gray, yang mengaku sebagai perempuan asal Amerika Serikat keturunan Afrika dan telah tinggal di Bali selama satu tahun terakhir, berkicau soal enaknya tinggal di Bali.

Dalam cuitan itu, dia mengisahkan pengalamannya menuju Bali setelah kehilangan pekerjaan pada 2019 bersama pacarnya yang juga perempuan. Awalnya, mereka mencoba tinggal selama enam bulan di Bali dan menghasilkan uang sebagai desain grafis. Tapi kemudian, wabah virus Corona membuat mereka tertahan di Bali.

Pihak Imigrasi sebelumnya mengatakan telah menurunkan tim mengecek dokumen. Imigrasi juga mengecek tempat tinggal WNA tersebut.

"Terkait dengan berita viral terhadap orang asing Kristen Gray yang ada di beberapa di media sosial, termasuk Twitter, emang sejauh ini kami sudah menurunkan tim beberapa tim yang satu tim dari kantor wilayah kemudian juga dari Kantor Imigrasi Ngurah Rai," kata Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkum HAM Bali, Eko Budianto, kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

(mae/idh)