Wagub DKI: Kerumunan Seperti di Pemakaman Habib Ali Banyak Terjadi di Daerah

Rahel Narda - detikNews
Minggu, 17 Jan 2021 06:30 WIB
Ahmad Riza Patria (Wilda Hayatun Nufus/detikcom).
Foto: Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi adanya kerumunan di sekitar makam Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf. Riza mengatakan kerumunan peristiwa tertentu juga terjadi di banyak daerah, termasuk DKI Jakarta.

"Ya memang itu terjadi, kadang terjadi kerumunan pada peristiwa tertentu, termasuk peristiwa meninggalnya tokoh atau ulama ya. Itu terjadi di banyak daerah sebetulnya, tidak hanya di Jakarta," kata Riza saat dihubungi, Sabtu (16/1/2021) malam.

Riza mengatakan banyak tokoh ulama yang dikagumi masyarakat. Ia pun mengimbau simpatisan petinggi agama untuk memiliki kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Kita lihat banyak tokoh-tokoh ulama yang dikagumi, banyak simpatisan itu terjadi seperti itu. Untuk itu yang kita minta adalah kesadaran dari masyarakat yang sayang, mencintai, mengaggumi para ulama kiai dan tokoh-tokoh lainnya, buktikan kesayangan kecintaannya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan," tegas Riza.

Lebih lanjut, Riza berharap masyarakat dapat terus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan apapun. Mulai dari kegiatan keagamaan hingga peristiwa duka seperti meninggalnya seorang tokoh agama.

"Jadi kita minta semuanya tetap patuh taat melaksanakan, dalam peristiwa dalam kegiatan apapun ya, termasuk dalam kegiatan-kegiatan keagamaan maupun kegiatan-kegiatan meninggalnya para ulama, para kiai, para ustaz, para tokoh. Kita minta tetap masyarakat untuk patuh taat melaksanakan protokol kesehatan," imbaunya.

Selain itu, Riza juga mengatakan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan koordinasi terkait kerumunan tersebut. Koordinasi akan dilakukan kepada pihak keluarga dan panitia.

"Oh iya nanti biasanya petugas kesehatan dari Dinkes akan berkoordinasi ya dengan pihak keluarga atau kepanitiaan, ya untuk mengambil langkah-langkah pencegahan ya," ujarnya.

Mengenai pemakaman Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf. Simak penjelasannya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2