Mantan Gubernur Lemhannas Sayidiman Suryohadiprodjo Wafat

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 20:21 WIB
Sayidiman Suryohadiprodjo saat bersama Hendropriyono. (Dok Hendropriyono)
Sayidiman Suryohadiprodjo saat bersama Hendropriyono. (Dok Hendropriyono)
Jakarta -

Pejuang, mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), dan mantan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo wafat. Mahfud Md hingga Fadli Zon berduka.

"Innalillah wa inna ilaihi raji'un. Telah wafat Letjen (Purn) Sayidiman Suryohadiprodjo dalam usia 94 tahun," cuit Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md lewat akun Twitter-nya, Sabtu (16/1/2021).

Mahfud bercerita Sayidiman adalah orang yang membimbingnya saat dia memulai jabatan sebagai Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 2000. Mahfud terakhir kali bertemu Sayidiman saat buka bersama di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Soalnya, Sayidiman juga merupakan mantan Duta Besar RI di Jepang.

"Saat tahun 2000 masih tergagap-gagap karena tiba-tiba diangkat jadi Menhan oleh Presiden Gus Dur, saya sering ngundang Sayidiman, Salim Said, Hasnan Habib ke rumah saya untuk ngajari saya tentang militer," kata Mahfud.

Guru Besar Ilmu Intelijen Negara, Jenderal (Purn) Abdullah Mahmud (AM) Hendropriyono, mengenang Almarhum. Menurut Hendropriyono, Sayidiman adalah senior yang setia dan berani.

"Kenangan saya berkunjung ke rumah Letjen (Purn) Sayidiman pada hari Rabu 15 Januari 2020 pukul 13.00 WIB. Selamat jalan seniorku yang tercinta, prajurit yang setia, jujur, cerdas, dan berani. Semoga mendapat tempat yang layak di sisi-Nya," kata Hendropriyono seraya menunjukkan foto saat dirinya berkunjung ke kediaman Sayidiman, setahun lalu.

Selanjutnya, ucapan bela sungkawa dari Fadli Zon:

Selanjutnya
Halaman
1 2