Diperiksa soal Kasus Tes Swab, Menantu Habib Rizieq Dicecar 48 Pertanyaan

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 12:51 WIB
menantu Habib Rizieq, Habib Hanif Alatas.
Menantu Habib Rizieq, Habib Hanif Alatas (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Menantu Habib Rizieq Shihab, Muhammad Hanif Alatas, telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di kasus tes swab. Hanif diperiksa 8 jam oleh penyidik.

Kuasa hukum Hanif, Aziz Yanuar, menyebutkan kliennya diperiksa pada Jumat (15/1) mulai pukul 15.30 WIB hingga 23.30 WIB. Ada 48 pertanyaan yang dilontarkan penyidik.

"(Diberi) 48 pertanyaan, berkutat kejadian di RS Ummi Bogor," kata Aziz saat dihubungi, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Aziz, Hanif dicecar perihal keterangan soal kondisi kesehatan Habib Rizieq selama berada di RS Ummi. Aziz mengatakan kliennya hanya memberikan keterangan sesuai dengan apa yang dilihatnya secara kasatmata.

"Spesifiknya itu terkait dengan beberapa pernyataan kesehatan Habib Rizieq yang di mana pihak Habib Hanif melihat kondisi Habib Rizieq secara fisik gitu, secara kasatmata, bukan secara medis," terang Aziz.

Azis menambahkan, Hanif juga menjelaskan terkait dugaan menutupi-nutupi kondisi kesehatan Habib Rizieq selama menjalani perawatan di RS Ummi.

Namun, ketika ditanya apakah Hanif mengetahui kondisi Habib Rizieq sempat dinyatakan positif Corona, Aziz menyebut kliennya enggan berkomentar. Menurut Aziz, Hanif tidak memiliki kompetensi untuk mengungkap hal itu.

"Habib Hanif menyampaikan sebagaimana umumnya masyarakat tidak berkompeten untuk menyampaikan masalah medis. Beliau katakan tidak kompeten menyatakan itu, jadi beliau menyampaikan apa yang dilihat saja," kata Azis.

Setelah 8 jam menjalani pemeriksaan, tidak dilakukan penahanan kepada Hanif. Menantu Habib Rizieq tersebut diizinkan pulang ke rumah.

"Alhamdulillah, atas kebijakan penyidik dan pihak kepolisian menyatakan bahwa Habib Hanif tidak ditahan. Alasannya, tidak melarikan diri, kemudian tidak menghilangkan barang bukti, dan juga tidak mengulangi perbuatan," tutur Aziz.

Simak berita selengkapnya

Selanjutnya
Halaman
1 2