Komjen Sigit Calon Kapolri, Komjen Gatot: Saya Dukung Penuh!

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 18:01 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy berikan pengarahan ke Satgas Antimafia Bola
Wakapolri Komjen Gatot Eddy saat memberikan pengarahan ke Satgas Antimafia Bola (Samsuduha/detikcom)
Jakarta -

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mendukung penuh Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mendukung Komjen Sigit untuk mewujudkan Polri yang Profesional, Modern, dan Tepercaya (Promoter).

"Saya mendukung penuh Pak Sigit dalam mewujudkan Polri yang Promoter (Profesional, Modern dan Tepercaya)," kata Komjen Gatot lewat pesan singkat, Jumat (15/1/2021).

Komjen Gatot menuturkan dirinya bersama Sigit akan membangun Polri dan melanjutkan bakti kepada negara.

"Saya tetap Bhayangkara yang Satya Prabu (Bhayangkara yang setiap kepada negara dan pimpinan). Kami akan bersama-sama membangun institusi untuk melanjutkan darma bakti kepada negara." tutur Komjen Gatot.

Untuk diketahui, Komjen Gatot termasuk dalam daftar calon Kapolri yang diserahkan Kompolnas kepada Presiden Jokowi. Namun Presiden Jokowi memilih Komjen Sigit sebagai calon tunggal Kapolri.

Selain Komjen Gatot, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan Polri tetap solid. Komjen Agus juga sempat masuk daftar calon Kapolri rekomendasi Kompolnas.

"Kita internal solid. Kabareskrim adalah salah satu yang diajukan rekomendasi oleh Kompolnas. Dan sudah dipilih, diajukan oleh Bapak Presiden sebagai calon Kapolri. Sudah tepatlah," ucap Komjen Agus kepada detikcom, Kamis (14/1).

"Institusi ini besar, harus dijaga soliditasnya. Jabatan itu amanah. Kita semua mitra. Nggak ada yang kerja sendiri. Semua harus jadi mitra," sambung Komjen Agus.

Komjen Sigit akan menjalani fit and proper test calon Kapolri di DPR pada Rabu (20/1) pekan depan. Istana berharap DPR bisa memproses secara cepat jenderal calon pengganti Jenderal Idham Azis, yang akan pensiun pada akhir Januari 2020, itu.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat Presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

"Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan di gedung DPR, Rabu (13/1) siang.

(aud/fjp)