Uji Kelayakan Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Digelar Rabu 20 Januari

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 15:19 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo Sigit Prabowo (Citra Nur Hasanah/20detik)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test akan digelar Rabu, 20 Januari 2021, oleh Komisi III DPR.

"Hari Rabu minggu depan," kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery ketika dihubungi, Jumat (15/1/2021).

Namun, Herman tidak merinci pasti sejauh mana persiapan terkait proses uji kelayakan tersebut. Yang pasti, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani pembuatan makalah pada Senin (18/1).

Terakhir Komisi III telah menggelar rapat bersama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengetahui transaksi keuangan Komjen Listyo Sigit Prabowo serta keluarga.

Rapat itu dilakukan Kamis (14/1) siang. Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni mengatakan proses transaksi Komjen Listyo masih wajar.

"Transaksi keuangan pasti, baik istri, anak, dan teman dekat atau rekan dari si calon atau pun keluarganya. Tadi sudah ditanya terkait apa saja transaksi yang mencurigakan, baik dalam maupun luar negeri," kata Sahroni seusai rapat dengan PPATK di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1).

"So far, masih dalam tahapan wajar dengan laporan di LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara)," imbuhnya

Selain Presiden Jokowi, Komjen Listyo menjadi nama yang direkomendasikan Kompolnas. Komjen Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Disetornya nama Komjen Listyo ini disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

Tonton video 'Profil Komjen Listyo Sigit, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/imk)