Raffi Ahmad Hadiri Pesta Usai Divaksin, Pemilik Rumah Akan Dipanggil Polisi

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 16:05 WIB
Raffi Ahmad divaksin COVID-19
Foto: dok. Channel YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Polisi masih menyelidiki kehadiran Raffi Ahmad di pesta ulang tahun di rumah pengusaha setelah divaksinasi. Pemilik rumah juga akan dimintai keterangan soal kejadian itu.

"Ini perencanaan kami ini dari berita kemarin-kemarin melakukan pendataan kepada yang terkait, kemudian membuat surat undangan kepada satpam, pemilik rumah, maupun pihak-pihak terkait," ujar Kapolsek Mampang Selatan Sujarwo kepada wartawan di Polsek Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2021).

Sujarwo mengatakan Raffi Ahmad dan seluruh tamu undangan juga akan dimintai klarifikasi.

"Kemudian itu yang hadir akan kita klarifikasi, kemudian setelah itu yang menonton juga akan kita klarifikasi. Kemudian nantinya daripada itu Saudara Raffi Ahmad (juga akan diminta klarifikasi)," imbuhnya.

Pesta di salah satu rumah di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan (Jaksel), yang dihadiri Raffi Ahmad berbuntut panjang. Polisi sedang menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam pesta yang dihadiri Raffi Ahmad tersebut.

"Yang pasti kami lakukan pendalaman. Kalau nanti ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan, kami lakukan upaya dengan aturan itu," kata Kapolsek Mampang Prapatan Kompol Sujarwo saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/1/2021).

Untuk diketahui, pesta yang dihadiri Raffi Ahmad hingga Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memang menjadi perhatian publik. Dari foto-foto yang tersebar di media sosial, para peserta pesta tersebut terlihat tidak menggunakan masker dan tak menjaga jarak.

Sorotan utama mengarah pada Raffi Ahmad. Artis tersebut menuai kritik setelah dipilih pemerintah sebagai salah satu penerima pertama vaksin COVID-19.

Penjelasan Raffi Ahmad

Raffi Ahmad telah buka suara terkait ikut serta dirinya dalam pesta setelah divaksinasi Corona perdana. Raffi Ahmad meminta maaf atas tindakannya.

Permintaan maaf itu disampaikan Raffi Ahmad pada akun Instagram-nya, Kamis (14/1/2021). Raffi Ahmad mulanya menyampaikan permintaan maafnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Terkait peristiwa tadi malam, di mana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," tutur Raffi Ahmad.

(mea/mea)