Ngaku Satpam, Pencuri Modus Pecah Kaca Tepergok Saat Aksi di Jakbar

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 15:05 WIB
Ilustrasi Pencurian Mobil
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pelaku pencurian modus pecah kaca ditangkap polisi setelah tepergok warga saat beraksi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pelaku berinisial MH (48) itu nyaris menjadi bulan-bulanan warga.

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung menjelaskan, peristiwa itu terjadi pada Senin (11/1/2021) malam di parkiran kedai kopi di Jalan Raya Kemanggisan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Saat itu, saksi memergoki pelaku yang mengambil barang dari mobil korban.

"Kemudian saksi menegur pelak 'sedang ngapain kamu?' lalu pelaku bilang 'gua satpam', namun pelaku berusaha kabur dengan mengendarai sepeda motor miliknya. Curiga dengan gerak-gerik pelaku, saksi berusaha menghentikan pelaku dengan cara memegang leher pelaku hingga saksi terseret sejauh 5 meter," ujar Kompol Robinson Manurung dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (15/1).

Saksi kemudian berteriak maling sehingga warga sekitar mengejar pelaku. Pelaku nyaris menjadi bulan-bulanan massa yang emosi.

Di saat bersamaan, anggota Polsek Kebon Jeruk melintas dan menangkap pelaku. Pelaku kemudian dibawa ke Polsek Kebon Jeruk dan diinterogasi.

"Dalam aksinya, pelaku berhasil mengambil barang berupa 1 buah jaket jins warna biru tua," imbuhnya.

Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk AKP Yudi Adiansyah mengatakan pelaku mengaku sudah melakukan aksinya di beberapa tempat di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan sejak Februari 2020.

"Pelaku mengaku sudah 10 kali melakukan pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil," katanya.

Adapun barang bukti yang diamankan dari pelaku di antaranya sepotong jaket jins warna biru dan 1 unit sepeda motor. Tersangka MH dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan pemberatan.

(mea/mea)