detikcom Do Your Magic

Solusi Masalah Sampah di Jalanan Ciputat, Warga Minta Bak Penampungan

Syahidah Izzata - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 20:22 WIB
Sampah di tengah jalan Jl Dewi Sartika dan flyover dekat Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Sampah di tengah jalan Jl Dewi Sartika dan flyover dekat Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Tangerang Selatan -

Berkantong-kantong sampah berada di tengah Jl Dewi Sartika dan bawah flyover (jalan layang) dekat Pasar Ciputat. Warga menaruh sampah di jalanan lantaran tidak ada bak sampah di sekitar sini. Mereka punya aspirasi: Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberikan bak sampah.

"Tolong diadakan tempat pembuangan sampah. Mudah-mudahan ditanggapi," kata Ketua RT 3 RW 1, Mulyati, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis (14/1/2020).

Mulyati menjelaskan kebiasaan membuang sampah di jalanan sudah berlangsung sejak dahulu. Apabila ada bak sampah yang representatif, warga bisa membuang sampah ke bak dan tidak lagi membuang sampah di tengah pembatas jalan atau bawah flyover Ciputat.

"Pembuangan sampah itu perlu. Setiap rumah tangga masak tiap hari di situ, yang dagang di situ juga buangnya di bawah flyover," kata Mulyati.

Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan. (Syahidah Izzata/detikcom)Mulyati menyampaikan harapan warganya. (Syahidah Izzata/detikcom)

Dia melihat sebenarnya tidak hanya warga permukiman sekitar sini saja yang membuang sampah di pinggir jalan, ada pula warga dari tempat lain yang menaruh kantong-kantong kresek berisi sampah di sekitar jalanan ini.

"Warga lain juga. Mereka dari motor bawa sampah, buangnya ke depan jalan. Dari mana-mana buang. Jadi numpuk," kata dia.

Selanjutnya, harapan warga:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Video Penampakan Sampah di Bawah Flyover Ciputat"
[Gambas:Video 20detik]