Bos Grabtoko Tipu Konsumen Sejak Awal Desember 2020

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 19:46 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (dok Istimewa)
Jakarta -

Polri menangkap pemilik Grabtoko.com (Grabtoko), Yudha Manggala Putra. Polri mengatakan Yudha telah melakukan penyebaran berita bohong yang merugikan konsumen sejak awal Desember 2020.

"Bahwasanya tersangka telah mengoperasionalkan usahanya, yaitu PT Grab Toko, dengan melakukan pemberitaan berita bohong yang menyesatkan sehingga merugikan korban dalam jangka waktu mulai awal Desember 2020 sampai dengan awal Januari 2021," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, saat konferensi pers virtual, Kamis (14/1/2021).

Ramadhan menuturkan, dari 980 konsumen, hanya 9 orang yang barang pesanannya dikirimkan. Total kerugian konsumen, kata Ramadhan, mencapai belasan miliar rupiah.

"PT Grab Toko yang telah merugikan konsumen mencapai Rp 17 M dengan korban sebanyak 980 dan hanya 9 customer yang dikirimkan barangnya. Maka sisanya terdapat 971 tidak dikirimkan barangnya," ujarnya.

Sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan bos Grabtoko.com (Grabtoko), Yudha Manggala Putra (33), diduga menggunakan uang konsumennya untuk berinvestasi dalam bentuk crypto currency. Sigit mengatakan dugaan tersebut akan diselidiki dalam berkas perkara terpisah dari berkas perkara yang saat ini disidik pihaknya, yaitu dugaan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.

"Pelaku juga disinyalir menginvestasikan uang hasil kejahatannya ke dalam bentuk crypto currency dan hal ini akan ditangani melalui berkas terpisah," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Selasa (12/1).

Karena itu, kata Sigit, bos Grabtoko tak hanya dikenai pasal terkait Undang-Undang ITE. Tersangka Yudha juga dijerat undang-undang terkait tindak pidana penipuan dan transfer dana.

Apa pasal yang dipakai untuk menjerat bos Grabtoko? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2