4 RS di Surabaya Besok Lakukan Vaksinasi COVID-19

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 19:19 WIB
Vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Esti Widiyana/detikcom)
Vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Vaksinasi COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), akan dimulai besok Jumat (15/1) di Balai Kota. Ada empat rumah sakit (RS) di Kota Pahlawan yang juga akan melakukan vaksinasi.

Semua RS tersebut membagi penyuntikan dalam dua sesi. Berikut lokasi empat RS yang akan melakukan vaksinasi COVID-19 besok:

1. Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) Surabaya

Dirut RSHU dr Didi D Dewanto SpOG mengatakan, jika di RS-nya akan dilakukan vaksinasi pertama kepada tenaga kesehatan (nakes). Penyuntikan akan dilakukan dua sesi, pagi dan siang, dengan kuota 30 orang per hari.

"Besok kita sudah mulai suntik pertama. Sehari 30 orang dibagi 2 sesi. Mulai pukul 08.30-11.00 WIB dan 12.00-14.00 WIB," kata Didi saat dihubungi detikcom, Kamis (14/1/2021).

Sesi pertama akan dilakukan vaksinasi kepada 15-20 orang, sesi kedua sisanya. Dirut RSHU ini juga merupakan salah satu yang akan divaksinasi besok. "Iya, saya suntik besok (vaksin COVID-19 Sinovac)," ujarnya.

Hari ini pihaknya juga telah mengambil vaksin COVID-19 Sinovac. RSHU mendapat sebanyak 180 vial vaksin untuk enam hari vaksinasi. "Jadi ambil jumlah vaksin itu berdasar jumlah tiket orang yang memilih RSHU sebagai fasyankes untuk suntik. Satu kotak terdapat 40 vial vaksin, dirata-rata 30 orang untuk 6 hari," jelasnya.

2. Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari

Wakil Direktur Layanan Medis dan Keperawatan RSI Jemursari, dr Dyah Yuniati SpS menjelaskan, persiapan RSI Jemursari sudah mendapatkan sosialisasi virtual dari Dinkes Surabaya, Dinkes Provinsi, Kemenkes. Sudah pula melakukan pelatihan 10 petugas untuk melakukan vaksinasi, dan melibatkan komite medik.

"Sudah ada beberapa nama nakes dari komite medik dan komite keperawatan yang terdaftar. Ada yang seharusnya hari ini tapi Surabaya baru dimulai besok, serentak. Hari ini kita mengambil ke Dinkes Provinsi, sementara kita dapat jatah 78 dulu dengan rentan tanggal 15-22 Januari," kata Dyah.

Dyah mengatakan, jika tidak semua yang sudah registrasi lolos pada saat screening. Bila tekanan darah di atas 140-190, gula darah tinggi, dan sedang demam tidak bisa. Bagi yang mendapatkan barcode QR dan penjadwalan dipastikan sudah lolos.

Di mana dua RS lainnya? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2