15 Ribu Vaksin COVID-19 Mulai Disebar ke Puskesmas dan RS di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 18:29 WIB
15 ribu vaksin COVID-19 tahap awal mulai didistribusikan ke puskesmas dan RS (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
15 ribu vaksin COVID-19 tahap awal mulai didistribusikan ke puskesmas dan RS. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Vaksin COVID-19 mulai disebar ke seluruh puskesmas dan rumah sakit (RS) di wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Ada 15 ribu vaksin COVID-19 yang didistribusikan Dinkes Jatim.

Pantauan detikcom, Kamis (14/1/2021), sekitar pukul 13.30 WIB, tenaga kesehatan (nakes) dari puskesmas dan sejumlah rs terlihat mengantre untuk mengambil vaksin COVID-19 di Gudang Farmasi Dinkes Kota Surabaya yang berada di Jalan Rungkut no 7.

Dalam antrean itu, terlihat vaksin carrier atau boks vaksin dari berbagai puskesmas dan RS menunggu giliran menerima diisi jatah vaksin COVID-19 oleh petugas. Para petugas terlihat hati-hati dan cepat saat memindahkan vaksin dari cool room ke boks vaksin.

Selanjutnya, setelah boks vaksin terisi, petugas puskesmas dan RS kemudian diangkut ke dalam ambulans untuk dibawa ke tujuan masing-masing. Distribusi vaksin dijaga ketat petugas kepolisian dan TNI.

15 ribu vaksin COVID-19 tahap awal mulai didistribusikan ke puskesmas dan RS (Deny Prastyo Utomo/detikcom)Suhu vaksin harus tetap dijaga. (Deny Prastyo Utomo/detikcom)

"Hari ini targetnya sekitar 63 puskesmas dan 64 RS. Jadi mereka datang dengan membawa vaccine carrier ice pack atau ice gel yang ada termometernya suhunya 2-8 (derajat Celsius)," kata Penanggung Jawab UPTD Gudang Farmasi Erwin Firman Syaifudin kepada wartawan di lokasi.

Erwin menyampaikan saat vaksin COVID-19 yang dikeluarkan dari tempat penyimpanan cool room di Gudang Farmasi ke boks vaksin suhunya harus tetap sama atau di antara 2-8 derajat Celsius. Selain itu, harus didata kembali secara ketat.

"Dari kita, keluar dari cool room itu suhunya harus di bawah 2-8. Nanti Kita bawa lagi pada vaccine carrier. Supaya tidak terlalu sering buka-tutup cool room. Di dalam vaccine carrier juga ada monitor suhu. Sehingga ketika serah terima tadi dicek. Vaccine carrier puskesmas berapa, vaccine carrier kita berapa. Termasuk cool room kita waktu ngambil, dicatat," ungkap Erwin.

Erwin menjelaskan pengambilan vaksin COVID-19 dilakukan hingga sehari sebelum penyuntikan vaksin. Target pengambilan sendiri diperkirakan hingga 2-3 hari ke depan.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2