Gubsu Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Corona di Sumut, Disusul Kapolda

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 11:34 WIB
Penyuntikan vaksin Corona di Sumut (Ahmad Arfah-detikcom)
Penyuntikan vaksin Corona di Sumut (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Penyuntikan vaksin Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) dimulai. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Sinovac.

Penyuntikan terhadap Edy dilakukan di aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (14/1/2021). Sebelum disuntik, Edy mengikuti sejumlah tes kesehatan.

Vaksin disuntikkan ke Edy pukul 10.20 WIB. Penyuntikan dilakukan anggota tim medis Satgas COVID-19 Sumut dr Handoyo.

Edy terlihat menggunakan kaus putih bertulisan 'Indonesia'. Saat disuntik, Edy terlihat menggerak-gerakkan kakinya.

Setelah Gubsu Edy, vaksin juga disuntikkan kepada Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin. Martuani juga menjalani sejumlah tes kesehatan sebelum disuntik.

Orang ketiga yang disuntik vaksin di Sumut adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut (Kajatisu) Ida Bagus Nyoman Wismantanu. Sama seperti Edy dan Martuani, Edy Bagus juga menjalani sejumlah tes kesehatan sebelum disuntik.

Penyuntikan vaksin Corona di Sumut (Ahmad Arfah-detikcom)Penyuntikan vaksin Corona di Sumut (Ahmad Arfah/detikcom)

Anggota tim medis Satgas COVID-19 Sumut dr Restuti mengingatkan beberapa hal yang bisa menjadi reaksi setelah disuntik vaksin. Reaksi ini, kata Restuti, mungkin terjadi pada orang yang disuntik vaksin setiap penyakit.

"Reaksi lokal yaitu nyeri atau bengkak pada tempat suntikan. Reaksi sistemik bisa saja terjadi demam, bisa nyeri otot seluruh tubuh, badan lemah," kata Restuti.

Restuti juga meminta orang-orang yang sudah disuntik untuk menunggu 30 menit di lokasi. Hal ini dilakukan untuk melihat reaksi setelah dilakukan penyuntikan.

"Kami mohon untuk tetap tinggal di tempat selama 30 menit untuk melihat reaksi setelah disuntik," jelasnya.

Tonton video 'Vaksinasi Perdana di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)