Provinsi Jambi Terima 11.200 Dosis Vaksin Corona Tahap Dua

Ferdi Almunanda - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 21:02 WIB
Jambi terima vaksin Corona tahap kedua
Jambi terima vaksin Corona tahap kedua.
Jambi -

Provinsi Jambi kembali mendapatkan sebanyak 11.200 dosis vaksin Sinovac untuk penanganan virus Corona. Vaksin Sinovac yang dikirim PT Biofarma (Persero) dari Bandung Jawa Barat itu merupakan tahap II untuk wilayah Jambi.

"Ini adalah kedatangan vaksin tahap II, kedatangannya melalui jalur darat dan ditempatkan di gudang obat milik Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Vaksin Sinovac tahap II ini jumlahnya ada 11.200 dosis," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Jambi Johansyah kepada detikcom, Rabu (13/1/2020).

Vaksin Sinovac tahap II ini nantinya akan didistribusikan ke beberapa daerah di Jambi yang belum menerima pada tahap I. Ada 9 kabupaten/kota di Jambi yang saat ini belum mendapatkan vaksin.

"Untuk distribusinya ke 9 kabupaten/kota masih menunggu petunjuk pusat kapan jadwal pembagiannya. Namun untuk Kota Jambi dan Muaro Jambi telah disalurkan yang jelas vaksin ini sasarannya tetap untuk petugas nakes dan tokoh masyarakat," ujar Johansyah.

Johansyah mengatakan sejauh ini vaksin Sinovac tahap pertama yang didatangkan belum mampu memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang ada di Jambi. Tercatat kedatangan vaksin Corona di Jambi pada tahap pertama sebanyak 20 ribu dosis. Total, ada 27 ribu tenaga kesehatan yang ada di Provinsi Jambi.

"Kalau kedatangan vaksin tahap pertama kemarin untuk kebutuhan nakes masih kurang dan belum terpenuhi dan kedatangan tahap II ini kita masih menunggu petunjuk lagi," ujar Johansyah.

Dalam kesempatan itu, Johansyah juga menyatakan siap jika nantinya akan masuk daftar penyuntikan vaksin Corona tersebut. "Saya siap jika nantinya akan divaksin," kata Johansyah.

(man/man)