Begini Peta Zonasi Corona di RI Terkini, Zona Merah Meningkat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 18:03 WIB
Peta zonasi Corona per 10 Januari 2021.
Peta zonasi Corona per 10 Januari 2021. (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 tingkat pusat mencatat adanya peningkatan jumlah zona merah (risiko tinggi) virus Corona di Indonesia. Per 10 Januari 2021, zona merah Corona di RI meningkat menjadi 70 kabupaten/kota.

"Saya ingin menyampaikan terkait peta zonasi risiko per tanggal 10 Januari 2021. Di minggu ini terjadi perkembangan ke arah yang kurang baik. Setelah di minggu sebelumnya kabupaten/kota di zona merah jumlahnya signifikan menurun, ternyata pada minggu ini angkanya kembali meningkat," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam video di kanal YouTube Setpres, Selasa (12/1/2021).

"Zona merah mengalami peningkatan dari 54 kabupaten/kota menjadi 70 kabupaten/kota. Selain itu, meskipun zona oranye atau risiko sedang mengalami penurunan dari 388 menjadi 374 kabupaten/kota, namun penurunan ini juga terjadi di zona kuning dan zona hijau," imbuhnya.

Adapun jumlah kabupaten/kota berstatus zona dengan risiko rendah menurun. Begitu juga jumlah kabupaten/kota yang nihil kasus baru Corona. Namun, penurunan tersebut tidak signifikan.

"Kabupaten kota dengan risiko rendah turun dari 57 menjadi 56 kabupaten/kota. Yang tidak ada kasus baru turun dari 11 menjadi 10 kabupaten/kota," ungkap Wiku.

Wiku juga mengungkapkan perkembangan kasus kematian akibat Corona secara nasional. Di mana, jumlah kematian akibat Corona pada minggu ini mengalami penurunan 1,7 persen.

"Terkait dengan perkembangan kasus kematian secara nasional, jumlah kematian akibat COVID-19 mengalami penurunan 1,7 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Ini adalah perkembangan yang menunjukkan ke arah yang positif. Namun, kondisi ini jangan menjadikan kita semua lengah sehingga angka kematian ini bertambah di minggu depan," tutur Wiku.

Ada 5 provinsi yang mencatatkan kasus kematian tertinggi pada minggu ini. Di urutan pertama ada Lampung yang meningkat 44 kasus kematian.

"Perlu saya ingatkan, terdapat 5 provinsi yang mencatatkan kasus kematian tertinggi pada minggu ini, yaitu Lampung naik 44, DKI Jakarta naik 22, Jawa Barat naik 20, Kepulauan Bangka Belitung naik 21, dan Sulawesi Selatan naik 12," ucap Wiku.

Terkait angka kesembuhan simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2