Aplikasi Ini Lindungi Dokter dan Nakes dari Pandemi COVID-19

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 16:19 WIB
Aplikais DokterSafe untuk aSelamatkan Dokter dan Tenaga Kesehatan dari Pandemi
Foto: Aplikasi DokterSafe untuk Lindungi Dokter dan Tenaga Kesehatan dari Pandemi (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Aplikasi DokterSafe diluncurkan. Aplikasi ini dikembangkan sebagai media informasi, komunikasi dan edukasi kepada dokter dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Seperti apa?

Project Manager aplikasi DokterSafe, dr. Muhammad Shoifi, Sp.OT (K), menerangkan, aplikasi DokterSafe adalah karya anak bangsa. Aplikasi ini dikembangkan oleh anak-anak muda FK Unair dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam upaya perlindungan dan kesehatan dokter dan tenaga kesehatan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Aplikasi ini khusus dipersembahkan bagi dokter dan tenaga kesehatan sebagai benteng terakhir di masa Pandemi COVID-19 saat ini," kata dr Shoifi kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

"Ini aplikasi pertama di Indonesia pada aspek safety and protection bagi dokter dan tenaga kesehatan," sambungnya. Aplikasi ini baru diluncurkan secara resmi pada Minggu 17 Januari 2021.

Aplikasi DokterSafe untuk Lindungi Dokter dan Tenaga Medis dari Pandemi CoronaAplikasi DokterSafe untuk Lindungi Dokter dan Tenaga Medis dari Pandemi Corona Foto: Dok. Istimewa

dr Shoifi menjelaskan, aplikasi DokterSafe memuat berbagai fitur menarik dan bermanfaat bagi perlindungan dan keselamatan dokter serta tenaga kesehatan di Indonesia. Di halaman utama aplikasi ini, pengguna bisa melihat gambaran kondisi terkini COVID-19 di Indonesia. Ada pula fitur tautan penting ke World Health Organization (WHO), Satgas Penanganan COVID-19, Kementerian Kesehatan, dan lain-lain.

Di aplikasi ini juga ada fitur learning di antaranya terkait bagaimana pemakaian alat pelindung diri (APD), standar protokol COVID-19, hingga buku pedoman pelayanan. Penggunaan APD sendiri menurutnya memegang peranan penting dalam melindungi dokter dan tenaga kesehatan.

"Jadi bagaimana dia memasang APD, bagaimana melepas, itu ada panduan yang bisa dilihat di video di aplikasi tersebut. Jadi ada edukasi langsung yang akan sangat memudahkan. Pada aspek edukasi itu juga kita cantumkan misalnya tentang standar protokol penggunaan APD dari Kemenkes dan lain-lain," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2