Pimpinan DPR Minta Sriwijaya Air Ikut Ringankan Keluarga Korban

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 19:15 WIB
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin di JICT 2
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin di JICT 2 (Fathan/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin meminta pihak maskapai penerbangan Sriwijaya Air turut membantu meringankan beban keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182. Aziz berharap keluarga korban tabah.

"Kami mengharapkan untuk penerbangan Sriwijaya SJ182, khususnya kepada manajemen, untuk bisa turut serta meringankan para keluarga korban dan mudah-mudahan keluarga korban dapat menerima musibah ini dengan tabah," kata Aziz saat meninjau posko evakuasi di Dermaga JITC 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (11/1/2021).

Aziz turut menyampaikan apresiasi kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) beserta jajaran terkait dalam proses evakuasi Pesawat Sriwijaya Air SJ182.

"Kepada seluruh tim yang dikomandoi Pak Bagus Basarnas, kami menaruh apresiasi yang tinggi dari lembaga parlemen. Mudah-mudahan di samping sebagai tugas dan kewajiban, dicatat sebagai ibadah di sisi Allah," kata Aziz.

Berdasarkan data terakhir yang disampaikan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Purnawirawan Bagus Puruhito, total ada 40 kantong jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ182.

"Sampai sore ini ada perkembangan yang tadinya 18 kantong jenazah yang sudah kita temukan hari ini bertambah 22. Jadi total kita sudah mengumpulkan 40 kantong jenazah," tutur Bagus.

Bagus menyampaikan pihaknya berfokus pada evakuasi terhadap korban dalam operasi pencarian ini. Kendati begitu, tim juga turut mengevakuasi material pesawat.

"Adapun material, tadi mendapatkan penambahan dua kantong dan saat ini operasi SAR masih tetap berlangsung di area," tambahnya.

Untuk diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu, pada Sabtu, 9 Januari 2021, pukul 14.40 WIB. Pesawat hilang kontak setelah 4 menit mengudara.

Operasi SAR masih terus dilakukan hingga saat ini. Bagian serpihan pesawat sudah mulai ditemukan dan tim gabungan pun telah mendeteksi keberadaan black box pesawat di lokasi.

Tonton video 'Tak Cuma Black Box, Pencarian Korban Sriwijaya Juga Jadi Fokus Utama':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)