BRI Beri Tips Belajar Mengajar Daring Menyenangkan, Seperti Apa?

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 17:15 WIB
Direktur Konsumer Bank BRI Handayani
Foto: Dok. Bank BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberi dukungan bagi komunitas sekolah untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam proses belajar jarak jauh (daring). Salah satunya, dengan mengadakan webinar gratis untuk guru, orang tua, dan murid di sekolah-sekolah yang telah menggunakan platform BRI Junio Smart.

"Kami berupaya membantu komunitas sekolah baik murid, orang tua murid maupun guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi dengan sajian materi yang menyenangkan dan memotivasi pelajar," ujar Direktur Konsumer BRI Handayani dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/1/2021).

Webinar itu dibagi menjadi 2 topik yang disesuaikan dengan target kepesertaannya. Pertama, yakni kupas tuntas tata cara mengajar online yang efektif selama masa pandemi bagi orang tua dan guru. Hadir sebagai pembicara, psikolog Analisa Widyaningrum, Vera Itabiliana, dan Saskhya Aulia Prima yang memberikan materi seputar kiat dan motivasi mengajar yang efektif saat ini.

Sementara topik kedua, yaitu Funtastic Learning untuk siswa dari sekolah yang telah menjadi nasabah BRI. Dalam topik webinar ini, Cinta laura, Tasya Kamila, dan El Rumi hadir untuk membagikan tips dan trik cara belajar yang menyenangkan, agar siswa lebih termotivasi dalam belajar, termasuk belajar budaya menabung melalui tabungan BRI Junio.

"(Selain itu) kami juga memberikan materi tentang tabungan BRI Junio dan Junio Smart sebagai produk yang dimiliki oleh BRI untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan manajemen aktivitas sekolah serta budaya menabung di kalangan siswa," imbuh Handayani.

Adapun puncak kegiatan dari rangkaian acara ini adalah webinar nasional dengan tema 'Follow Your Dreams with Fun Learning' yang menggabungkan materi belajar yang menyenangkan dari para bintang tamu yang peduli pendidikan, serta peran elemen sekolah dan orang tua dalam mendukung kegiatan belajar anak.

Pada kesempatan tersebut, BRI juga menobatkan lima sekolah sebagai The Best Junio Smart, di antaranya SMA Taruna Nusantara Magelang, SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun, Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut, SD Islam Terpadu Al-Kahfi Jakarta, dan Yayasan Al-Madina.

Sebagai informasi, Junio Smart adalah sistem manajemen belajar-mengajar yang diberikan secara gratis kepada sekolah yang telah membuka giro operasional sekolah di BRI dan mendaftarkan siswa-siswinya sebagai nasabah tabungan BRI Junio.

Tabungan ini memiliki desain buku tabungan dan kartu debit yang sesuai dengan karakter anak-anak, serta biaya administrasi yang ringan. Kelebihan lainnya, tabungan BRI Junio dapat ditingkatkan menjadi tabungan Junio Rencana dengan suku bunga tinggi, dilengkapi dengan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan bebas premi.

Dengan demikian penggunaan Junio Smart tidak hanya mendukung kegiatan sekolah, namun juga berkontribusi dalam menerapkan budaya menabung siswa dengan banyak manfaat.

Diketahui, webinar BRI Junio Smart itu telah dihadiri oleh 2.075 peserta yang diselenggarakan sebanyak lima kali mulai dari November 2020 hingga Desember 2020, dengan materi berupa berupa tips dan trik belajar mengajar daring yang menyenangkan di era pandemi, baik dari psikolog maupun dari smart public figure.

(akd/ega)