BRI Akomodasi Siswa Belajar di Rumah Lewat Aplikasi Ini

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 12:41 WIB
anak belajar
Foto: shutterstock
Jakarta -

Di tengah kondisi penyebaran Virus Corona (COVID-19) sekolah mulai menerapkan study from home atau pembelajaran dari rumah. Kondisi seperti ini ternyata sudah diantisipasi oleh Bank BRI yang memiliki komitmen nyata terhadap dunia pendidikan melalui platform Junio Smart. Junio Smart menjadi salah satu solusi penerapan pembelajaran jarak jauh pada kondisi seperti saat ini.

Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto menjelaskan Junio Smart merupakan platform aplikasi pendidikan untuk pengelolaan manajemen sekolah yang menghubungkan antara sekolah dengan orang tua dan siswa secara terintegrasi dalam satu aplikasi sehingga seluruh aktivitas dan informasi sekolah dapat dilakukan melalui platform ini dan dapat diakses oleh sekolah, orangtua dan siswa secara realtime.

"Terdapat pula fitur yang sifatnya non-akademik seperti informasi tagihan sekolah, report pembayaran tagihan sekolah secara realtime online dan pengumuman-pengumuman sekolah yang dapat juga menggunakan platform tersebut," imbuh Amam dalam keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020).

Junio Smart telah mengakomodir fitur yang memenuhi kebutuhan sekolah, orang tua maupun siswa dalam penyelenggaraan pendidikan. Fitur-fitur tersebut terdiri dari fitur akademik seperti absensi, silabus, jadwal pelajaran dan ujian, fitur ujian online, tugas, nilai ujian dan database siswa beserta elemen sekolah.

Pada kondisi study from home ini, sekolah dapat mengupdate materi pembelajaran melalui fitur silabus di platform Junio Smart yang kemudian dipelajari oleh siswa di rumah.

Untuk mengevaluasi hasil belajar siswa di rumah, maka sekolah dan siswa dengan didampingi oleh orangtua dapat memanfaatkan pula fitur ujian online di platform Junio Smart yang hasil ujiannya langsung secara realtime dapat dilihat dan tersimpan di aplikasi. Sehingga study from home tetap akan membuat siswa produktif untuk mendapatkan pembelajaran dari sekolah.

"Dengan Junio Smart melalui fitur silabus dan tugas online contohnya, memudahkan seluruh sekolah pengguna platform Junio Smart dalam metode pembelajaran jarak jauh ini. Sekolah pengguna platform Junio Smart, merasa terbantu dengan adanya fitur-fitur yang secara nyata sangat adaptif di kondisi seperti saat ini. Bagi sekolah atau lembaga yang belum menggunakan platform Junio Smart, silakan menghubungi Cabang BRI terdekat," pungkas Amam.

Sebagai informasi, untuk dapat menggunakan platform pendidikan milik Bank BRI ini cukup mudah karena platform Junio Smart ini diberikan secara gratis oleh Bank BRI sebagai fasilitas kepada sekolah yang bekerja sama dalam penggunaan Giro dan Tabungan BRI Junio di Bank BRI. Saat ini sudah terdapat 290 sekolah pengguna platform Junio Smart dengan jumlah user aktif siswa lebih dari 30 ribu dan user aktif orangtua lebih dari 25 ribu user.

(mul/mpr)