Tekan COVID, Kapolda Metro Bangun 126 Kampung Tanggung di RW Zona Merah

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 15:57 WIB
Tekan COVID, Kapolda Metro Bangun 126 Kampung Tanggung di RW Zona Merah
Ilustrasi Kampung Tangguh (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengintensifkan program Kampung Tangguh Jaya untuk menekan penyebaran COVID-19. Kini ada 126 Kampung Tangguh di RW zona merah di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kami bersama tiga pilar terus bergerak dalam menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dengan terus mengefektifkan peran Kampung Tangguh Jaya yang sudah dibangun sebanyak 126 di sejumlah lokasi. Harapannya di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) mampu menurunkan angka penyebaran COVID-19 ini," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (9/1/2021).

Fadil Imran mengatakan Kampung Tangguh Jaya dibangun atas kerja sama tiga pilar. Kerja sama diperlukan untuk mengembalikan Jakarta ke zona hijau dan terbebas dari COVID-19.

"Semua elemen harus bergerak bersama-sama untuk mewujudkan Jadetabek sehat, aman, dan sejahtera. Kita kembali ke zona hijau," imbuh Fadil Imran.

Kampung Tangguh ini didirikan di RW-RW zona merah. Di Kampung Tangguh ini, petugas akan memperketat pengawasan terhadap warga dengan melakukan 3T (testing, tracing, dan treatment).

Sebelumnya, mantan Kapolda Jawa Timur ini mengungkap di Kampung Tangguh juga akan mengoptimalkan keamanan masyarakat yang bebas narkoba hingga radikalisme.

"Ketiga, kita bisa mengoptimalkan agar wilayah itu menjadi aman. Bebas narkoba, bebas hoax, bebas radikalisme, intoleransi, dan sebagainya. Insyaallah nanti akan berjalan. Saya yakin bisa berjalan dengan baik," ujar Fadil Imran di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Siang tadi, Fadil Imran mengunjungi Kampung Tangguh di Kelurahan Penggilingan, RT 17 RW 05, Cakung Jakarta Timur. Kampung Tangguh di Kelurahan Penggilingan, Cakung, menjadi salah satu percontohan karena dinilai efektif mengurangi angka penyebaran kasus COVID-19.

"Tiap hari kita imbau warga untuk disiplin protokol kesehatan. Dan bergantian keliling tiap pagi, siang, dan sore. Pos penjagaan selalu ada. Alhamdulillah aktivitas ini berjalan konsisten, karena kita semua sadar, ingin lingkungan sehat, aman, dan sejahtera," ujar Ketua RW 05 Yasril Hadi.

Masyarakat bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan di Kampung Tangguh Jaya bergotong-royong membangun beberapa fasilitas, seperti sistem keamanan satu pintu di mana setiap warga akan dicek suhu tubuhnya, kemudian terdapat sarana cuci tangan di lingkungan kampung, posko kesehatan, ruang isolasi mandiri, tes swab secara berkala, dan adanya fasilitas lumbung pangan yang disediakan secara swadaya dari masyarakat untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Selain mencegah COVID-19, warga di Kampung Tangguh Jaya juga diberi edukasi hidroponik yang memang disediakan Kapolda Metro Jaya, mulai bercocok tanam sayuran sampai membudidayakan ikan. Kita ada ikan lele, ikan nila dan ikan lainnya. Ini kita jaga betul untuk membantu warga terdampak COVID-19," tutur Yasril.

(mea/mea)