Salut! Eks Napi di Medan Ini Bikin Warung-Rutin Bagi Makanan Gratis ke Warga

Datuk Haris Molana - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 10:04 WIB
Suasana di Warung Nasi Bang Tunoq
Bang Tunoq saat menyiapkan nasi urap untuk pelanggan (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Ada kisah inspiratif dari pria asal Medan bernama Ade Indra Wallad alias Bang Tunoq. Pria yang pernah merasakan dinginnya hidup di balik jeruji besi ini kini berubah setelah mendapat hidayah dan jadi rajin sedekah lewat usaha warung nasi urap yang dibukanya.

Tunoq bercerita soal dirinya yang pernah mendekam di penjara selama 5 tahun 10 bulan akibat kasus narkoba. Dia mengaku mendapat hidayah saat menjalani masa hukuman di penjara.

"Iya betul. Jadi saya ingin bangkit tanpa ada embel-embel di belakang gitu kan. Jadi saya jalani 5 tahun 10 bulan di dalam. Setahun 10 bulan itu, di situ saya mulai mendapat hidayah. Saya mulai bangkit dari keterpurukan, saya mulai menjalankan perintah Allah, sampai seketika sebulan dua bulan sebelum bebas, saya sudah punya arah mau ke mana saya, apa yang akan saya lakukan setelah bebas," ujar Tunoq di Medan.

Suasana di Warung Nasi Bang TunoqSuasana di warung nasi Bang Tunoq (Datuk Haris/detikcom)

Dia mengaku sempat kesulitan memulai hidup dari awal setelah keluar dari penjara. Menurutnya, ada saja godaan dari rekan-rekan lamanya agar dirinya kembali ke dunia hitam.

"Makanya ini juga pesan buat teman teman di dalam, kalian harus tentukan juga jalan apa yang akan kalian buat saat keluar. Kalau nggak kalian tentukan sebelum keluar, kalian akan kembali lagi," ujar Tunoq.

Setelah keluar dari bui, Tunoq meminjam modal Rp 5 juta kepada temannya untuk membuka warung nasi urap. Dia bersyukur ada temannya yang mendukung dirinya memulai usaha yang halal.

"Saya pinjam dari kawan yang mendukung saya. Kau harus bangkit katanya. Teman dari kecil. Alhamdulillah sudah saya kembalikan juga. Modal awalnya Rp 5 juta," ujar Tunoq.

Lihat juga video 'Kisah Rosyid, Eks Napi Narkoba yang Kini Jadi Perajin Lampion':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3