Semangatnya Disabilitas di Sumut Ambil SK CPNS Meski Harus Merangkak

Ahmad Arfah - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 19:03 WIB
Aston saat mengambil SK CPNS di Pematangsiantar (dok. Istimewa)
Aston saat mengambil SK CPNS di Pematangsiantar (dok. Istimewa)
Pematangsiantar -

Seorang penyandang disabilitas di Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut), mengambil SK CPNS dengan merangkak. Pria bernama Aston Sianturi dengan semangat datang mengambil SK CPNS-nya meski harus sambil merangkak.

Video proses Aston mengambil SK ini terlihat dalam video yang dibuat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemko Pematangsiantar. Video itu kemudian beredar di media sosial.

Dalam video itu, terlihat Aston datang ke lokasi kegiatan penyerahan SK mengenakan baju putih, celana hitam, dan berdasi hitam. Dia datang ke lokasi dengan cara merangkak hingga ke dalam ruangan acara.

Aston terlihat menerima SK CPNS dari Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah. Aston mengaku mengikuti tes CPNS untuk menunjukkan dirinya tetap bisa bersaing meski memiliki keterbatasan fisik.

"Saya ingin menunjukkan bahwa saya bisa bersaing," kata Aston.

Dia mengaku awalnya bekerja sebagai guru honorer di salah satu sekolah di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kini, dia lulus menjadi CPNS di Pemko Pematangsiantar.

Dia bakal bertugas sebagai verifikator keuangan di Subbagian Keuangan Pemko Pematangsiantar. Aston menceritakan cita-citanya ingin mengabdi meski memiliki keterbatasan fisik.

Dia berharap para penyandang disabilitas lainnya tetap semangat. Dia berharap bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang lainnya.

"Agar tetap semangat, jangan putus asa, kita selalu optimis, kita pasti bisa kalau kita semangat," jelas Aston.

Kepala Bagian (Kabag) Prokopim Pematangsiantar, Mardiana, mengatakan video itu diambil pada 29 Desember 2020. Video itu diambil saat penyerahan SK penempatan CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Pematangsiantar.

"Tanggal 29 Desember 2020 pada acara penyerahan SK Penempatan CPNS di Kota Pematangsiantar," ucap Mardiana.

(haf/haf)