Melihat 'Warung Berbagi' di Pekanbaru yang Sediakan Sarapan Gratis bagi Warga

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 14:40 WIB
Warung Berbagi di Pekanbaru menyediakan sarapan gratis bagi warga
Warung Berbagi di Pekanbaru (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru -

Ada warung sarapan unik bernama 'Warung Berbagi' di Pekanbaru, Riau. Sesuai namanya, warung ini ditujukan untuk berbagi kepada warga, yang artinya warga bisa makan secara gratis saat warung ini buka.

detikcom mendatangi warung yang terletak di ujung Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (23/10/2020). Meski hanya terdiri atas tenda kecil dan sejumlah kursi serta meja, warung yang biasanya buka mulai pukul 06.45 WIB ini terlihat ramai didatangi warga.

Ada sejumlah menu yang tersedia, mulai nasi goreng, lontong sayur, mi goreng, hingga sejumlah kue. Warung ini biasanya buka tiap Selasa dan Jumat.

Uniknya, tak ada harga yang dipatok terhadap para pelanggan. Siapa pun dipersilakan makan di warung ini. Jika ingin membayar, ada kotak amal yang disediakan dan dipersilakan memasukkan uang seikhlasnya.

Pemilik warung tak akan menagih uang kepada pelanggan yang tak bisa membayar, alias gratis. Ya, warung ini juga mempersilakan warga makan secara gratis.

Warung Berbagi di Pekanbaru menyediakan sarapan gratis bagi wargaWarung Berbagi di Pekanbaru menyediakan sarapan gratis bagi warga (Chaidir/detikcom)

Warung yang dimiliki Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Emil Eka Putra ini sudah buka sekitar 5 bulan. Sarapan pagi di warung tersebut dimasak oleh istri, Meme, dan ibu mertuanya.

Emil juga terkadang ikut melayani para pelanggan. Emil menyebut ada juga warga yang ikut mengantar makanan untuk dibagikan secara gratis kepada warga yang datang ke warung itu.

"Saya pernah tanya, katanya ibu itu guru di salah satu SD. Kalau warung saya buka, dia pasti membawa makanan dari rumahnya untuk dititipkan di warung. Saya sendiri tak tahu namanya, tapi dia sangat rajin ikut bersedekah," kata Emil.

Selanjutnya
Halaman
1 2