detikcom Do Your Magic

Pasar Sipon Disorot Gegara Sampah, Walkot Tangerang Sampaikan Perintah

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 06:42 WIB
Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Tangerang -

Warga menyoroti masalah sampah di Pasar Sipon. Sampah berserakan sampai ke kali. Wali Kota Tangerang merespons cepat keluhan warga soal masalah kebersihan lingkungan ini.

Warga bernama Farid Wudjy (31) melaporkan masalah ini ke pasangmata.detik.com. Dia adalah warga Cipondoh, Kota Tangerang, satu kawasan dengan lokasi pasar itu.

"Aktivitas para pedagang yang semakin meluas di Jalan Irigasi-Sipon, Cipondoh, menyebabkan sampah yang ada di tengah sungai Pasar Sipon, Cipondoh," demikian kata Farid Wudjy.

Pantauan detikcom di Pasar Sipon pukul 10.30 WIB, Jumat (8/1) kemarin, sepanjang sungai Sipon sudah langsung terlihat sampah plastik yang menyatu dengan tanah.

Para pedagang memenuhi pinggiran Jalan Irigasi Sipon dengan menjual beragam barang dagangan, ada yang penjual daging, sayur, ikan, dan bahkan menjual pakaian. Suasana pasar terlihat ramai dengan antusias pembeli yang banyak melakukan transaksi dengan pedagang.

Di sepanjang jalan tidak terlihat adanya tempat yang disediakan untuk pembuangan sampah. Pedagang lebih memilih menumpuknya di satu tempat di pinggir jalan, sehingga sampah terkesan menumpuk. Ada yang ditumpuk satu satu dibalut dengan menggunakan plastik, ada juga yang menggunakan box kayu sebagai tempatnya.

Belum lagi karena minimnya tempat sampah yang disediakan, pengunjung dan pedagang dapat membuang sampah sembarangan di jalan dan di sungai. Hal ini yang membuat sampah di Sungai Irigasi Sipon terlihat, karena ada yang membuang dari pasar. Namun ada pula yang menyatakan sampah di sungai bukan dari pasar ini tapi dibawa oleh air sungai.

Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Afriansyah/detikcom)Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Afriansyah/detikcom)

"Di sini nggak parah, kalau parah kan berserakan, bisa dilihat, dari mulai kalinya semuanya bisa dilihat. Kalau di tempat-tempat lain bapak bisa lihat di pinggir jalan seperti apa," kata pengurus Pasar Sipon bernama Darma di lokasi.

Kawasan Pasar Sipon memang nampak cukup normal. Sampah tetap ada, namun jumlahnya tidak luar biasa. Namun bila menatap ke sungai dan pinggirannya, sampah-sampah jelas terlihat.

Simak juga video 'UGM akan Kembangkan Alat Pengolah Limbah Kantong Plastik GeNose':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, kata pedagang: