Top 5 News

Abu Bakar Ba'asyir Bebas hingga Gisel Tak Ditahan Usai Diperiksa

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 21:59 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Artis Gisella Anastasia atau Gisel telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka atas kasus video syur hari ini. Gisel menjalani pemeriksaan selama 10 jam dan tidak ditahan polisi pada kasus tersebut.

Sementara itu, Abu Bakar Ba'asyir telah resmi bebas dari Lapas Khusus Gunung Sindur. Ba'asyir bebas murni setelah menjalani putusan pidana selama 15 tahun terkait kasus terorisme.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Jumat (8/1/2021).

1. Gisel Tak Ditahan Usai Jalani Pemeriksaan

Polisi tidak melakukan penahanan terhadap Gisella Anastasia atau Gisel usai diperiksa di kasus video syur. Ada beberapa pertimbangan penyidik tak menahan Gisel, salah satu pertimbangannya Gisel disebut bersikap kooperatif.

Selain itu, polisi juga mempertimbangkan alasan kemanusiaan. Gisel masih memiliki anak yang masih kecil yang berumur 4 tahun, sehingga dirinya tidak ditahan. Diketahui, Gisel menjalani pemeriksaan selama 10 jam dan keluar dari ruang penyidik sekitar pukul 19.45 WIB.

Artikel Selengkapnya: Ini Alasan Polisi Tak Tahan Gisel

2. Abu Bakar Ba'asyir Bebas

Abu Bakar Ba'asyir telah menghirup udara bebas setelah mendekam di Lapas Khusus Gunung Sindur, Bogor. Ba'asyir dinyatakan bebas murni dan tidak dikenakan wajib lapor setelah menjalani putusan pidana selama 15 tahun terkait kasus terorisme.

Abu Bakar Ba'asyir yang dijemput oleh pihak keluarga dan pengacara langsung menuju kediamannya di Sukoharjo, Jawa Tengah. Selama perjalanan, rombongan Abu Bakar Ba'asyir dikawal oleh BNPT dan Densus 88. Tidak ada jamaah atau pendukung Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Gunung Sindur jelang kebebasannya.

Artikel Selengkapnya: Abu Bakar Ba'asyir Bebas Murni

3. Risma Tertawa Blusukan Dianggap Settingan

Mensos Tri Rismaharini (Risma) kembali bertemu dengan sosok tunawisma yang diperbincangkan hingga viral, Kastubi. Ketika bertemu Kastubi di balai rehabilitasi, Risma langsung tertawa karena aksi blusukannya dikira settingan.

"Aaah bapak ini, settingan katanya. Hah? Bapaknya ketemu aku ndak tau dia, sopo aku. Kan nggak? Nggak tahu. Bentar lagi jadi artis, Pak," ujar Risma kepada Kastubi di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi pagi tadi.

Artikel Selengkapnya: Risma Ketemu Kastubi Lagi di Bekasi

4. Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

Posisi orang terkaya nomor 1 di dunia kini diduduki oleh Elon Musk, sang pendiri sekaligus CEO Tesla Inc. Pria berusia 49 tahun itu mencatatkan kekayaan sebesar US$ 195 miliar atau setara Rp 2.742 triliun (kurs Rp 14.000) berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index.

Dengan menduduki posisi orang terkaya nomor 1 di dunia, maka Musk telah menggeser Jeff Bezos yang telah menduduki posisi tersebut sejak tahun 2017.

Artikel Selengkapnya: Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia dalam Semalam

5. Trump Akui Kemenangan Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, untuk pertama kalinya dalam pesan video kepada publik, mengakui dirinya tidak akan menjabat untuk periode kedua. Namun Trump tetap tidak mengucapkan selamat untuk pemerintahan baru AS yang akan dipimpin Presiden terpilih AS, Joe Biden.

Dalam pesan video terbaru yang dirilis via akun Twitternya pada Kamis (7/1) waktu setempat, Trump mengakui bahwa akan ada pemerintahan baru AS pada 20 Januari mendatang. Pesan video ini tampaknya direkam di Gedung Putih.

Artikel Selengkapnya: Trump Akui Akan Ada Pemerintahan Baru AS

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)