detikcom Do Your Magic

Soal Sampah di Pasar Sipon, Walkot Tangerang: Besok Dibersihkan

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 21:24 WIB
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah
Wali Kota Tangerang Arief R WIsmansyah (Dok. Pemkot Tangerang)

Sebelumnya, sampah mencemari Kali Irigasi Sipon di lokasi. Pelbagai jenis sampah sudah campur baur di tanah pinggiran sungai hingga airnya yang kotor.

Untuk kebersihan di lingkungan pasar sendiri, pedagang pasar mengusulkan adanya tong sampah bersama di antara lapak-lapak mereka. Seorang pedagang ikan hias di Pasar Sipon bernama Lutpi mengaku masih sering melihat orang yang membuang sampah sembarangan. Akibatnya, sampah menjadi berserakan di mana-mana. Meski begitu, mobil pengangkut sampah juga sudah rutin datang, tiap tiga hingga empat kali sehari.

Lutpi berharap ada tong sampah yang ditempatkan di beberapa titik di pasar dengan jarak 2 sampai 3 lapak. Tong sampah akan membuat orang-orang tidak melempar segala barang tak berguna ke mana-mana, termasuk ke sungai.

"Kayak tong-tong harus diadain ya, jadi enak, nggak terlalu acak-acakan sih. Ya lapak itu perlu ada tong sampah, ya nggak tiap lapak lah, tapi per dua atau tiga lapak ada tong sampah buat narik khusus ya, enaknya kayak gitu, lebih bagusnya, jadi sampah nggak ceceran ke mana-mana," kata Lutpi saat berbincang dengan detikcom di Pasar Sipon, pagi tadi.

Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Sampah di Pasar Sipon, Cipondoh, Kota Tangerang. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Bagi Anda yang menemukan masalah perkotaan, silakan kabarkan ke kami lewat pasangmata.detik.com. Caranya, login menggunakan detikID. Bila Anda belum punya detikID, silakan bikin dulu. Caranya mudah, daftar saja di bagian pojok kanan atas detikcom. Anda juga bisa kirim info ke pasangmata.detik.com menggunakan email dan nomor ponsel.


(dnu/dnu)