Lapan Update soal Puing di Kalteng: Fairing Roket Long March/CZ-8

Jabbar Ramdhani - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 19:50 WIB
Roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8) (Foto: Weibo via SCMP)
Roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8) (dok Istimewa)
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberi informasi terbaru terkait puing yang diduga bagian dari roket yang ditemukan di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng). Benda berbentuk setengah tabung itu disebut pelindung muatan (payload fairing) dari roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8).

"Objek sampah antariksa yang ditemukan di pantai selatan Kalimantan Tengah pada 4 Januari 2021 adalah bagian Payload Fairing (pelindung muatan) roket Long March/CZ-8 yang diluncurkan pada 22 Desember 2020," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Jumat (8/1/2021).

Thomas menjelaskan payload fairing tersebut terbuat dari sejenis plastik yang diperkuat, sehingga bisa terapung di laut. Thomas menyampaikan hal ini setelah Lapan mendapatkan informasi lengkap dari tim evakuasi dan pihak Badan Antariksa China atau China National Space Administration (CNSA).

Dia menjelaskan roket Long March/CZ-8 diluncurkan dari Wenchang Space Launch Center (WLC), Hainan, China, pada Selasa (22/12/2020).

Roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8) (Foto: Weibo via SCMP)Roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8) (dok CNSA via Lapan)

Thomas menjelaskan pelindung muatan tersebut dilepaskan dan jatuh saat roket meluncur di atas perairan barat laut Kalimantan yang merupakan perairan internasional sekitar Laut Natuna Utara (Laut China Selatan). Fairing dilepaskan pada ketinggian 100 km atau menjelang memasuki ruang antariksa.

"Itu sebabnya, bagian yang terbakar minim. Karena material cukup ringan, bagian fairing terbawa arus laut menuju Selat Karimata dan Laut Jawa. Objek kemudian terdampar di pantai selatan Kalimantan Tengah," kata Djamaluddin.

Sebelumnya, Pusat Sains Antariksa Lapan menduga benda tersebut merupakan sampah antariksa yang berasosiasi dengan Roket Chang Zheng (Long March) milik Tiongkok yang digunakan untuk meluncurkan satelit Beidou 3-IGSO 3 pada tanggal 4 November 2019.

Diketahui, puing logam tersebut ditemukan di Pantai Dusun Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar, Kalteng, pada awal Januari ini.

Roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8) (Foto: Weibo via SCMP)Roket Long March/Chang Zheng-8 (CZ-8) (Weibo via SCMP)

Cerita penemuan puing diduga pecahan roket China dapat dilihat di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2