Round-Up

Terungkapnya Sosok Kastubi Tunawisma yang Ditemui Risma

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 05:50 WIB
Tunawisma Bernama Kastubi yang Ditemui Mensos Risma
Foto: Tunawisma Bernama Kastubi yang Ditemui Mensos Risma (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Salah seorang tunawisma yang ditemui Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma saat blusukan sempat viral. Sempat ada yang mengaku-ngaku, tapi sosok itu akhirnya terungkap.

Adalah Kastubi, tunawisma yang samai dibahas di media sosial. Risma bertemu Kastubi saat blusukan di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat, pada Senin (4/1/). Pria paruh baya berambut putih itu hanya tidur beralaskan kardus.

"Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan ke mana-mana," kata Risma.

Kastubi menerima pendampingan di Balai Rehabilitasi Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi. Selang beberapa hari, foto Risma bertemu Kastubi dibahas dan viral di media sosial.

Karena sudah dibawa ke Balai Rehabilitasi, Kastubi pun tak ditemui di lokasi saat ditemui oleh Risma. detikcom kemudian menelusuri informasi soal keberadaan tunawisma tersebut.

Ada dua informasi yang diterima. Informasi pertama pria tua tersebut di Jalan Minangkabau, Setiabudi, Jakarta Selatan. Lokasi di informasi pertama ini sebenarnya agak jauh dari lokasi pertemuan dengan Risma, yaitu di Pasar Baru. Informasi kedua menyebut pria itu ada di Balai Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi.

Di Jalan Minangkabau, kami bertemu dengan Nursaman. Memang rambutnya mirip dengan pria di foto yang viral, namun perawakannya berbeda. Nursaman tampak segar. Tubuhnya juga terlihat berisi.

Perbandingan Kastubi Saat Gondrong (Kiri) dan Nursaman (Kanan)Foto: Perbandingan Kastubi Saat Gondrong (Kiri) dan Nursaman (Kanan) (Sachril/detikcom)

Nursaman diperlihatkan foto rilis Kementerian Sosial (Kemensos) perihal blusukan Risma ke Jalan MH Thamrin-Sudirman-Pasar Baru, Jakpus, Senin (4/1). Foto tersebut menunjukkan Risma sedang berbincang dengan pria gondrong berambut putih yang didata Kemensos bernama Kastubi.

Nursaman mengaku sebagai pria yang sedang duduk di atas kardus memakai baju krem, celana panjang cokelat, dan topi adalah dirinya.

"Celana Levi's, kaus, gambar ini, gambar (di baju) Bali, ini bener saya ini. Ini benar saya ini. Ini kan Bu Risma (perempuan berbaju putih menghadap belakang), tapi nggak pernah ngobrol. Nggak ngobrol, lihat doang (Bu Risma menghadap saya). Ini saya habis tidur nih. Ini kan kardus, kardus saya, gelar kardus, ini bantal, bantalnya juga dari karung masuk-masukkin busa di situ," kata Nursaman, Kamis (7/1/2021).

Keterangannya Nursaman janggal, karena dalam video yang dirilis Kemensos, tampak jelas Risma dan Kastubi berbincang. Tambah janggal, Nursaman mengenakan cincin, gelang, dan kalung.

"Itu yang saya aneh itu yang itu (foto) saya kan lagi tidur di kardus, kayaknya pakai baju putih itu kayaknya Ibu Risma tapi kan saya kan nggak kenal. Cuma nengok doang, nggak diajak ngomong, apa, saya diam aja. Nggak pernah nanya-nanya (Risma), kalau dia nanya saya, saya sambung mau minta modal, ni saya lamanya di sini, minta, beli kompresorlah tambal ban," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2