Anies Minta Cek Sosok Tunawisma di Thamrin, Kasudinsos: Entah ke Mana

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 15:16 WIB
Risma blusukan di Kawasan Sudirman-Thamrin (dok. Kemensos)
Mensos Risma blusukan di Kawasan Sudirman-Thamrin (dok. Kemensos)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta dinas sosial mengecek sosok tunawisma yang ditemui Mensos Tri Rismaharini atau Risma di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kasudinsos Jakarta Pusat Ngapuli Parangin-angin menyebut pihaknya belum berhasil menemukan sosok tunawisma itu dan tak tahu di mana kini berada.

"Kita udah telusuri sepanjang jalan sampai ke kampung-kampung, kita belum nemu. Belum, belum, belum ketemu. Entah ke mana, kita tidak tahu. Kita tetap upaya mencari. Sampai sekarang kita, tim kita sedang gerilya terus sampai ke kampung-kampung di sekitar situ juga. Tim sosial, tim Satpol PP, kita koordinasi, kita bawa fotonya, orang kampung tidak tahu, 'tidak ada di sini tuh'," kata Ngapuli saat dihubungi, Kamis (7/1/2021).

Ngapuli menerangkan pihaknya telah menelusuri hingga ke kampung-kampung di sekitar Sudiman-Thamrin. Hasilnya, tunawisma tersebut masih tak kunjung ditemukan.

"Ia di kampung-kampung sekitar Sudirman-Thamrin, sekitar situ, jadi tidak nemulah, belum nemu, kita tetap usaha," tuturnya.

Ngapuli mengatakan dinas sosial akan turut memberikan motivasi dan binaan bagi para tunawisma. Mereka pun berhak memilih apakah akan tinggal di panti milik dinsos atau panti di Kementerian Sosial (Kemensos).

"Maksud kita kalau ketemu ya kita akan coba kasih motivasi, kalau memang mau ikut kita, kita bina. Kita punya panti atau mau ikut panti Kemensos juga kita dorong ke sana," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Mensos Risma menemukan sejumlah tunawisma di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus). Menanggapi hal itu, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku baru mendengarnya.

"Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin, memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur 4 tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/1).

Riza mengatakan pihaknya telah memerintahkan jajaran untuk mengecek temuan Risma tersebut. Meski demikian, Riza mengaku ada tunawisma di wilayah lain di Ibu Kota.

"Kami, saya, Pak Gubernur memerintahkan langsung Kadinsos untuk mengecek siapa orangnya, kenapa ada di situ. Setahu kami jalan ke Jalan Sudirman-Thamrin itu cukup jauh. Kalau ada di pinggiran-pinggiran, ada betul. Kalau ada di kolong jembatan, betul masih ada. Di seluruh Indonesia, di kota, ada orang yang belum memiliki rumah, mencari tempat berteduh tinggal di tempat yang paling baik dan paling enak, di antaranya tempat yang paling enak bagi tunawisma adalah di kolong jembatan, kalau kita ke kota-kota di seluruh Indonesia bahkan, mana mungkin, di negara lain juga ada tunawisma yg memang tinggal berteduh di kolong-kolong jembatan," katanya.

(whn/gbr)