Satpol PP DKI soal Temuan Risma: Selama Ini Tak Ada Tunawisma di Thamrin

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 09:31 WIB
Risma blusukan di Kawasan Sudirman-Thamrin (dok. Kemensos)
Mensos Risma blusukan di kawasan Sudirman-Thamrin (Foto: dok. Kemensos)
Jakarta -

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menanggapi Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma yang menemukan sejumlah tunawisma di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Arifin menyebut selama ini tidak pernah menemukan tunawisma di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Ya selama ini sih kita nggak pernah dapatkan yang di Sudirman-Thamrin, ya," kata Arifin saat dihubungi detikcom, Kamis (7/1/2021).

Arifin mengaku pihaknya selama ini hanya menemukan tunawisma di pinggiran Thamrin. Menurutnya, tunawisma tersebut memang mencari barang-barang bekas di sekitaran lokasi tersebut.

"Jadi yang ada kan biasanya di dalam ya, di lingkungan lebih ke dalam, mereka mengais sisa-sisa barang yang mungkin bisa dia jual-belikan lagi, kayak semacam manusia gerobaklah kira-kira," ucapnya.

Arifin juga mengatakan selama ini tunawisma--yang dia sebut sebagai manusia gerobak--sebetulnya memiliki tempat tinggal. Menurutnya, mereka tidak bisa dikatakan sebagai orang susah di kampung halamannya.

"Kita tahulah bahwa banyak orang yang seperti itu juga ternyata di kampung halamannya kan bukan orang sulit, bukan orang susah. Kadang-kadang nggak semuanya orang yang betul-betul nggak punya rumah, tapi memang profesinya saja yang ngumpulin barang-barang bekas itu," ujarnya.

Simak juga video 'Wagub DKI: Sejak Saya 4 Tahun, Baru Tahu Ada Tunawisma Sudirman-Thamrin':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya....

Selanjutnya
Halaman
1 2