Wagub DKI Baru Tahu Ada Tunawisma di Thamrin, Begini Pantauan di Lokasi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 12:53 WIB
Pantauan Tunawisma di Sekitar Sudirman-Thamrin
Pantauan Tunawisma di Sekitar Sudirman-Thamrin (Foto: Sachril/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria hingga Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengaku baru mengetahui ada tunawisma di sekitar Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus). Begini pantauan di lokasi terkait keberadaan tunawisma.

detikcom mencoba melakukan penelusuran di sekitar Menteng hingga Jalan MH Thamrin, Jakpus, Kamis (7/1/2021) dari sekitar pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Terpantau, ada 2 tunawisma yang tengah berjalan kaki di Jalan MH Thamrin arah Patung Kuda menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Mereka terlihat berjalan lawan arah di Jalan MH Thamrin. Salah satu tunawisma pria tampak memakai kursi roda dan didorong oleh tunawisma perempuan.

Kemudian terlihat ada tunawisma lain yang sedang berjalan kaki di pedestrian Jalan MH Thamrin, tepatnya di dekat Thamrin 10. Tunawisma pria ini berjalan kaki sambil memegang kantong plastik hitam.

Sementara itu, salah satu tunawisma lainnya, bernama Suyatno (70), ketika disambangi di Jalan KH Wahid Hasyim, tepatnya di sekitar Djakarta Theater, tampak tengah duduk di bangku pedestrian. Tunawisma ini juga sambil membersihkan botol plastik yang telah dipungutnya dari 2 karung.

"Sudah ada satu tahun lah kurang lebih (mencari botol bekas). (Sebelumnya saya) kerja di percetakan, karena sudah tua nggak terpakai, buat makan dulu saya," ujar tunawisma, Suyatno (70).

Pantauan Tunawisma di Sekitar Sudirman-ThamrinTunawisma Suyatno (70) di Sekitar Thamrin Foto: Sachril/detikcom

Suyatno mengatakan setiap harinya dia mencari botol-botol plastik bekas di sekitar Menteng, Jakpus. Dia mencari botol plastik dari pagi sampai sore agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Sekitar sini aja (mencari barang bekas). (Dari) Kebon Sirih, Kebon Sirih dalem, terus Juanda, Gondangdia, Thamrin juga," ucapnya.

"Iya buat sendiri buat makan, ngopi. Jadi buat sendiri (memulung barang bekas)," bebernya.

Simak juga video 'Wagub DKI: Sejak Saya 4 Tahun, Baru Tahu Ada Tunawisma Sudirman-Thamrin':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pengakuan tunawisma lainnya di sekitar Menteng.

Selanjutnya
Halaman
1 2