Ini Balai Rehabilitasi Sosial Pangudi Luhur, Tempat Kemensos Bina Gelandangan

Afzal Nur Iman - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 12:58 WIB
Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur Bekasi
Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur Bekasi, Jawa Barat (Afzal Nur Iman/detikcom)
Bekasi -

Para tunawisma atau gelandangan yang terjaring oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat, untuk dibina. Bagaimana kondisi balai tersebut?

Dari pantauan detikcom di BRSEGP Pangudi Luhur, kompleks Depsos, Margahayu, Bekasi, Kamis (7/1/2020) pada pukul 10.00 WIB, terlihat tujuh gelandangan sedang berbicara dengan petugas Balai. Petugas tersebut sedang melakukan asesmen terhadap ketujuh gelandangan.

Tampak juga beberapa fasilitas keterampilan kerja, seperti alat las, peralatan dan perlengkapan montir motor-mobil, hingga peralatan hidroponik. Ada kegiatan aktivitas di area bengkel mobil dan aktivitas pembuatan pupuk di area hidroponik.

Selain fasilitas keterampilan, tampak area poliklinik, lapangan olahraga, musala, area parkir, dan dua unit bus milik BRSEGP Pangudi Luhur.

Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur BekasiBalai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur Bekasi (Afzal Nur Iman /detikcom)

Masih berdasarkan pengamatan detikcom, fasilitas lainnya di Balai adalah gedung asrama. Secara umum tak tampak aktivitas baik penghuni maupun pengelola Balai yang ramai.

BRSEGP sebelumnya menjadi sorotan setelah pihak Kementerian Sosial mengatakan gelandangan yang ditemui Menteri Sosial Tri Rismaharini di pinggir Jalan Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus), akan dibina di BRSEGP Pangudi Luhur.

"Iya, dibawa ke Pangudi Luhur. Dibawa karena mereka juga bersedia untuk diberi vokasional," ujar Kepala Bagian Publikasi dan Pemberitaan Kemensos Herman Koswara saat dihubungi, Rabu (6/1).

Sampai pukul 11.42 WIB, belum ada pihak Balai yang menemui detikcom untuk diwawancarai.

Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis (BRSEGP) Pangudi Luhur BekasiBalai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur Bekasi (Afzal Nur Iman /detikcom)
(aud/tor)